Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

Pemkab Temanggung Siapkan Anggaran Bantuan Air

Rabu, 19 Juli 2017 Pemerintahan

TEMANGGUNG, Pemerintah Kabupaten Temanggung telah menyiapkan anggaran untuk  bantuan  air bersih  bagi masyarakat yang mengalami kekeringan  pada tahun 2017.
    Kepala Seksi Penanganan Darurat dan Logistik BPBD, Temanggung, Gito Walngadi di kantornya selasa (18/7) mengatakan, saat ini pihaknya telah menyiapkan penyaluran bantuan air bersih. Bantuan tersebut nantinya akan diberikan kepada desa-desa yang kekurangan air bersih pada musim kemarau ini.Pemkab Temanggung telah menyiapkan anggaran untuk 300 tangki air bersih guna mengatasi kekeringan pada musim kemarau tahun ini.
    Dikatakan, selain persiapan secara teknis yang sudah matang, untuk mengatasi kekeringan tahun ini secara kuantitatif ada peningkatan dibanding tahun 2015. Waktu itu hanya ada 250 tangki.Tahun 2016 tidak terjadi kekeringan, sebab sepanjang tahun dilanda hujan terus menerus. Dana untuk itu diambilkan dari APBD. Tahun 2016 tidak terjadi kekeringan karena memang sepanjang tahun terjadi hujan terus.Tapi untuk tahun 2017, berdasarkan informasi dari BMKG, diperkirakan lebih kering dan musim kemarau dimulai 1 Juli 2017, dengan puncaknya sekitar September hingga Oktober 2107.
    Menurutnya perkiraan BMKG disikapi dengan melakukan antisipasi. Bila dana kekeringan dari APBD kurang, BPBD akan mengajukan permintaan dana untuk kekeringan pada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebesar Rp 2 miliar.Anggaran itu, akan digunakan untuk pipanisasi dan droping air bersih hingga wilayahwilayah pelosok yang mengalami kekeringan. Sampai saat ini pihaknya telah melakukan pemetaan daerah-daerah potensial terdampak krisis air bersih. Jumlahnya adalah 22 desa yang tersebar di 11 kecamatan, antara lain Kecamatan Kranggan, Kaloran, Kandangan, dan Pringsurat.( Hms/ Edy Laks )

 

Berita Terkait