Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

WARGA MISKIN DIBANTU KAMBING

Rabu, 25 Maret 2009 Perekonomian
SUPAYA SEJAHTERA, WARGA MISKIN DIBANTU KAMBING

TEMANGGUNG, Sebanyak  70 warga  di Kecamatan Pringsurat Kabupaten Temanggung yang termasuk kategori Rumah Tangga Miskin mendapat bantuan 70 ekor kambing. Bantuan tersebut diberikan sebagai upaya untuk mendorong peningkatkan kesejahteraan agar tidak miskin.
  Pemberian bantuan kambing diserahkan oleh Bupati Drs. Hasyim Afandi secara simbolis kepada  perwakilan warga penerima di halaman kantor Kecamatan Pringsurat kemarin. Bantuan berasal dari sisa hasil  usaha Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat ( PNPM) Mandiri tahun 2008 . Kambing yang diserahkan semuanya betina jenis gembel dan  sudah bunting .
  Bupati dalam sambutannya mengatakan, dengan diberikanya bantuan kambing maka  warga miskin saat ini mempunyai peluang usaha beternak kambing. Diharapkan bisa dipelihara dengan baik agar cepat berkembang biak sehingga kesejahteraannya  bisa meningkat. Disamping itu  bila kambing tersebut sudah beranak, maka dapat segera digulirkan kepada warga miskin lain .
  Menurut Bupati di Kabupaten Temanggung   angka kemiskinan  saat ini masih cukup tinggi mencapai 31 persen yang tersebar  di 20 Kecamatan . Pendapatan rata-rata Perkapita  setiap warga lanjutnya,  setiap bulan hanya Rp.430.000, padahal standart Kebutuhan Hidup Minimum ( KHM ) Rp.640.000 setiap orang perbulan, sehingga masih terpaut jauh. Kondisi yang demikian  menjadi keprihatinan bersama  untuk ditangani secara serius dan terfokus melalui berbagai program pembangunan dengan sasaran akhir meningkatnya kesejahteraan masyarakat.
  “Angka kemiskinan di Temanggung masih tinggi. Salah  upaya Pemkab untuk mengurangi angka kemiskinan,  tahun 2009 ini memberikan bantuan Pagu Wilayah Kecamatan  sebesar Rp.500.000.000. Dana tersebut  didayagunakan untuk kegiatan pemberdayaan ekonomi rakyat sesuai potensi di kecamatan masing-masing” ujarnya seraya menambahkan, dana Pagu Wilayah tidak boleh dibagi rata  perdesa, namun dikonsentrasikan  untuk pengembangan beberapa  potensi ekonomi sehingga hasilnya kelihatan.
  Sedang camat Pringsurat Sukarsono, S Sos mengungkapkan,  jumlah Rumah tangga Miskin di wilayahnya saat ini mencapai 3.608 orang  yang tersebar di 14 desa. Tertinggi  desa Pringsurat dan terendah desa Rejosari Upaya yang dilakukan untuk pengentasan kemiskinan yakni melalui  Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat  Mandiri Perdesaan ( PNPM) yang secara keseluruhan berjalan lancar.Dari berbagai kegiatan PNPM menghasilkan sisa usaha untuk membeli kambing dan diberikan kepada warga miskin sebagai bantuan bergulir.(Hms/Edy Laks )

Berita Terkait