Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

TELECENTER MANDISARI PARAKAN

Jumat, 17 April 2009 Pertanian dan Perkebunan
Proyek Peningkatan Pendapatan Petani Melalui Inovasi
TELECENTER MANDISARI PARAKAN

TEMANGGUNG, Perkembangan informasi melalui media elektronik khususnya media yang kita kenal Internet saat ini mulai menjamur. Perkembangan ini nampaknya mulai merambah di segala sektor baik di perkotaan maupun pedesaan. Situasi ini pula dapat ditangkap dengan baik oleh Unit Pengelola Informasi Pertanian Desa (UPIPD) dengan meresmikan Telecenter yang berlokasi di Jalan Raya Ngadirejo Km. 2 Desa Mandisari  Kecamatan Parakan.
     Telecenter ini diresmikan oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Temanggung, yang selanjutnya di lingkungan pengelola kegiatan P4MI Temanggung dikenal dengan Telecenter Mandisari. Telecenter ini merupakan percontohan sistem informasi pertanian lewat internet yang baru satu-satunya di Temanggung dan diharapkan bisa di replikasi sendiri oleh desa lain.
     Pelayanan yang diberikan dari Telecenter Mandisari antara lain Pengetikan, Rental Komputer, Setting, Foto Digital, Scanning, Kursus, Faxile, Kartu Nama dan Print Warna, sedangkan layanan yang paling diminati adalah Warnet, Pengetikan  dan Print Warna. Dalam kurun waktu selama ini setelah dibuka tahun 2008 pemanfaatan fasilitas telecenter semakin berkembang tetapi masih didominasi oleh mahasiswa/siswa dalam penggunaan fasilitas tersebut.
     Telecenter diharapkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum khususnya petani disekitar untuk mendapatkan informasi mengenai pertanian seperti cara bercocok tanam. Kendala yang masih dihadapi adalah masih rendahnya kemampuan masyarakat untuk menggunakan media informasi berupa internet. Masyarakat masih lebih menyukai informasi dari media majalah, buku ataupun vcd. (hms/Arbai-Dhe).

Berita Terkait