Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

Managemen Perusahaan Ditingkatkan

Rabu, 19 Oktober 2011 Umum
WABUP  Ir BUDIARTO, MT;
Managemen Perusahaan Ditingkatkan

TEMANGGUNG
, Wakil Bupati Temanggung Ir. Budiarto, MT  minta para pengelola perusahaan meningkatkan menegemen usahanya supaya maju dan berkembang. Dengan demikian  perusahaan bisa meningkatkan kapasitas produksi dan jaringan pangsa pasar  supaya untung  besar dan bisa menyerap tenaga kerja dalam jumlah banyak.
     Hal itu dikatakan Wakil Bupati disela-sela kunjungan kerja meninjau  3 perusahaan yakni CV. Citra Kasih penghasil interior arsitektur di Desa Mudal Temanggung dan PT. Karya Alam Indonesia  penghasil kayu lapis di Desa Soropadan serta CV. Decorus industri mebel kayu di Desa Ngipik Kecamatan Pringsurat Selasa kemarin (18/10). Dalam peninjauan itu Wabup didampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Direktur RSUD, Kepala KPPT,   Kepala PT Jamsostek Magelang dan pejabat terkait. Dalam peninjauan tersebut, Wabup bersama rombongan diterima pimpinan perusahaan masing-masing.
     “Kunjungan kerja ini bertujuan untuk mengetahui secara langsung dilapangan mengenai kegiatan operasional produksi  sekaligus bersilaturahmi agar terjalin hubungan yang sinergis antara Pemkab dengan perusahaan. Yang terpenting bagi Pemkab, perusahaan bisa berjalan lancar tanpa kendala dan bisa menyerap tenaga kerja lokal” tandasnya seraya berharap  perusahaan mematuhi aturan  perijinan, amdal  dan ketentuan lainnya  serta menjaga hubungan baik dengan lingkungan.
     Menurut Wabup  setelah mendengar langsung penjelasan  manager dan melihat opersional kegiatan usahanya, secara umum  roda perusahaan berjalan cukup baik. Namun demikian pola menegemen perlu ditingkatkan supaya maju dan berkembang . Dengan mengembangkan pola menegemen yang efektif dan efisien maka memungkinkan perusahaan meningkatkan kapasitas produksi dan memperluas pasar sehingga orientasi keuntungan bisa tercapai. Disisi lain seiring berkembangnya perusahaan maka otomatis dapat menyerap tenaga kerja dalam jumlah banyak guna mengurangi penganggguran.
     Manager CV. Citra Kasih Sugiarto menjelaskan, perusahaan yang dipimpinnya saat ini  mampu menyerap 78 tenaga kerja dari  desa sekitar. Produk yang dihasilkan berupa barang-barang interior arsitektur berbahan dasar kayu yang dipasarkan untuk memenuhi pasar dalam negeri dan luar negeri. Kendala yang dihadapi yakni terbatasnya tenaga kerja yang memiliki keahlian dibidang perkayuan. Oleh karena itu berharap Pemkab bisa membantunya.
     Sedang pimpinan PT. Karya Alam Indonesia  Haris  menjelaskan dengan dukungan ratusan tenaga kerja, operasional perusahaan bisa berjalan lancar. Produk yang dihasilkan berupa kayu lapis  dipasarkan ke sejumlah negara di kawasan Asia Timur dan Eropa. Sementara  manager CV. Decorus Rudi mngatakan, perusahaan yang berdiri sejak Agustus 2007  saat ini  mampu menyerap tenaga kerja  69 orang yang mayoritas warga sekitar. Produk mebel kayu yang dihasilkan  dipasarkan  ke sejumlah negara di benua Eropa. Kedepan berencana meningkatkan kapasitas produksi supaya lebih banyak lagi tenaga kerja yang terserap.
     Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Agus Budiono, SH  menjelaskan, pihaknya siap membantu perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja  perkayuan. Secara periodik  melalui program pelatihan  tenaga kerja di Balai Latihan Kerja (BLK) Maron Sidorejo  mendidik calon tenaga kerja trampil dibidang perkayuan.  Lulusan dari BLK ini ujarnya bisa dimanfaatkan  perusahaan guna mencukupi tenaga kerja sesuai kualifikasi yang dibutuhkan.(Hms11/Edy Laks).

Berita Terkait