Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

Ratusan Siswa SLTA Mengikuti Sosialisasi AAL Temanggung

Senin, 07 Agustus 2017 Pendidikan

TEMANGGUNG, Ratusan siswa  yang mewakili sejumlah SLTA di Kabupaten Temanggung mengikuti acara sosialisasi  Akademi Angkatan Laut (AAL) di Graha Bhumi Phala  Sabtu (5/8 ). Materi sosialisasi  diberikan Komandan Resimen Taruna  Kolonel Edwin dan para taruna taruni.
    Komandan Resimen Taruna Kolonel Edwin mengatakan sebagaimana Akademi TNI yang lain Akademi Angkatan Laut adalah pilar penting dalam pertahanan Republik Indonesia, bagaimana tidak bahwa sebagian besar teritorial Indonesia adalah laut. Maka mau tidak mau harus kuat dan berwibawa di angkatan laut, dan tentunya SDMnya pun harus mengakomodirnya baik dari sisi kuantitas maupun kualitas. Untuk itu AAL adalah lahan kaderiasasi yang dikhususkan untuk menyiapkan para prajurit yang siap mengamankan teritorial Indonesia.
    Diutarakan untuk bisa masuk menjadi taruna/taruni AAL  dipersyaratkan  Warga negara Republik Indonesia, pria/wanita beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara RI Tahun 1945, bukan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Tinggi badan sekurang-kurangnya 165 cm untuk calon taruna dan 160 cm untuk calon taruni dengan berat seimbang. Usia setinggi-tingginya 22 tahun dan sekurang-kurangnya 17 tahun 9 bulan pada saat pembukaan Dikma. Berijazah SMA/MA program IPA, dengan ketentuan nilai UAN mencukupi sesuai yang ditentukan pada saatpendaftaran.
    Disamping itu berkelakuan baik dan tidak sedang kehilangan hak untuk menjadi Prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap disertai dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari polres setempat. Sehat jasmani dan rohani, tidak bertato/bekas tato dan tidakbertindik telinga atau anggotabadan lainnya kecuali yang disebabkan oleh oleh ketentuan adat, tidak buta warna dan tidak berkaca mata/ memakai softlens. Belum pernah menikah dan sangup tidak menikah selama mengikuti Dikma.
    “Para pelamar manakala diterima menjadi  taruna   juga  harus bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama sepuluh tahun terhitung mulai saat dilantik menjadi Letnan Dua.Selain bersedia ditempatkan Diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia“ ujarnya
    Dodi salah seorang siswa menuturkan setelah mengikuti sosialisasi  tertarik untuk masuk menjadai taruna Akademi Angkatan Laut. Setelah lulus nanti  ia berminat untuk mendaftar dengan harapan bisa diterima menjadi taruna AAL untuk mengabdi kepada nusa dan bangsa menjaga samudra laut yang membentang dari Sabang sampai Merauke   ( Hms17/ Edy Laks )

 

Berita Terkait