Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

569 Balon Kades Ikuti Ujian Penyaringan

Sabtu, 19 Oktober 2013 Pemerintahan

TEMANGGUNG, Panitia Pengawas Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Kabupaten Temanggung mengadakan pemantauan pilkades Rabu (1610). Pemantauan bertujuan untuk mengetahui secara langsung dilapangan tentang pelaksanaan Pilkades yang  masuk tahapan ujian penyaringan bakal calon kepala desa.
     Kepala Bagian Pemerintahan Desa, Agus Sarwono mengatakan, pemantauan dilaksanakan oleh 10 tim, masing-masing tim memantau di 2 kecamatan. Diutarakan pilkades akan berlangsung di 226 desa tersebar di 20 kecamatan. Berbagai tahapan sudah dilaksanakan dan untuk tanggal 16 Oktober ini merupakan tahapan  ujian penyaringan bakal calon kepala desa.
     Diutarakan tahapan ujian penyaringan merupakan tahapan lanjutan setelah penetapan bakal calon kepala desa yang memenuhi persyaratan administrasi yang ditetapkan oleh panitia pilkades di masing-masing desa penyelenggara tanggal 9 Oktober silam. Jumlah bakal calon kepala desa yang mengikuti ujian penyaringan sebanyak 569 orang terdiri 423 laki-laki dan 46 perempuan. Mereka tersebar di 226 desa  di 20 kecamatan.
     Ujian penyaringan dilakukan melalui ujian tertulis dan ujian wawancara. Materi ujian tertulis meliputi pengetahuan umum, kepemimpinan, administrasi perkantoran, pemerintahan daerah dan pemerintahan desa. Sedang materi ujia wawancara berupa  studi kasus pengambilan keputusan dalam penyelenggaraan pemerintahan desa.
     “Pengumuman hasil ujian penyaringan akan dilaksanakan tanggal 18 Oktober mendatang dilanjutkan penetapan calon kepala desa, pengundian tanda gambar Calon kepala desa berupa gambar hasil bumi padi, ketela jagung dan sebagainya,“ ujarnya seraya menambahkan seusai pengundian tanda gambar diteruskan kampanye. Untuk pemungutan dan penghitungan suara akan dilaksanakan 19 Oktober mendatang.
     Dikemukakan perhelatan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak  tersebut disebabkan karena berakhirnya masa jabatan kepala desa pada tanggal 19 Juni 2013 sebanyak 204 orang dan pada tanggal 5 November 2013 sebanyak 21 orang. Sedangkan satu orang kepala desa mengundurkan diri.
     Sebagai upaya agar pilkades berjalan lancar dan sukses  pemkab telah membentuk tim pengawas tingkat kabupaten dan tim pengawas tingkat kecamatan. Tim pengawas berfungsi untuk mengawasi pelaksaan pilkades serta memberikan arahan agar pelaksanaan pilkades sesuai dengan peraturan yang berlaku. (Hms13/Edy Laks)

Berita Terkait