Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PENUHI PERSYARATAN 16 PARPOL BERHAK IKUT PEMILU 2019

Selasa, 13 Pebruari 2018 Politik

TEMANGGUNG, Dalam ajang Pemilihan Umum tahun 2019 mendatang di Kabupaten Temanggung bakal diikuti 16 partai. Kepastian tersebut diperoleh  setelah  16 partai politik (Parpol) lolos verifikasi kepengurusan, keterwakilan perempuan, domisili kantor tetap dan keanggotaan parpol calon peserta pemilu tahun 2019 di Kabupaten Temanggung.
     Komisioner KPU Kabupaten Temanggung dari Divisi Hukum dan Pengawasan, Yami Blumut dikantornya Senin (12/2) mengatakan sejumlah parpol harus berulangkali melakukan perbaikan hingga kemudian dinyatakan memenuhi syarat. Disampaikan parpol yang lolos itu adalah Golkar, PPP, PDIP, PAN, PBB, PKPI, Perindo, Berkarya, Garuda, PKB, NasDem, Gerindra, Demokrat, Hanura, PKS, dan PSI. Partai-partai tersebut adalah partai yang mendaftar di KPU Kabupaten Temanggung untuk sebagai calon peserta pemilu 2019 beberapa waktu lalu.
     Penetapan 16 Partai Politik lolos verifikasi  ditetapkan  dalam sidang pleno beberapa waktu lalu. Penetapan tersebut kemudian dituangkan dalam berita acara pleno yang selanjutnya  dikirim ke KPU Provinsi Jateng, KPU RI, Partai politik dan Bawaslu. Dengan demikian  masing-masing Partai politik telah menerima hasil keputusan rapat pleno.
     Yami Blumut mengatakan meski lolos di Temanggung, parpol tersebut belum tentu sebagai peserta pemilu 2019, sebab menunggu hasil rekapitulasi ditingkat Provinsi dan Nasional. Hal itu sebagaimana yang ditentukan bahwa ikut tidaknya Parpol mengikuti Pemilu tergantung rekapitulasi tingkat nasional. (Hms18/Edy Laks)

Berita Terkait