Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PENGGUNAAN KARTU TANI DIEVALUASI

Kamis, 08 Pebruari 2018 Pemerintahan

TEMANGGUNG, Pemerintah Provinsi Jawa tengah menggelar rapat koordinasi evaluasi penggunaan kartu tani se wilayah Kedu  Rabu (7/2) di Pendopo Pengayoman Temanggung. Rapat dibuka oleh Staf Ahli Gubernur Jawa tengah bidang Kertahanan pangan Witono dihadiri Bupati Bambang Sukarno  dan pejabat terkait  serta diikuti perwakilan dari  sejmlah kabupaten kota  se wilayah Kedu.
     Staf Ahli  Gubernur Jateng  bidang Ketahanan Pangan Witono mengatakan ,rapat bertujuan untuk mengevaluasi penggunaan kartu tani agar nantinya bisa berjalan efektif dan efisien sehingga memberikan manfaat besar untuk peningkatan  kesejahteraan petani khususnya dalam mencukupi kebutuhan pupuk. Dikatakan  Pemerintah Provinsi Jawa Tengah  saat ini sudah mencetak  2.147.457b  kartu tani  yang diperuntukkan bagi para petani yang  tersebar di 35 kabupaten/kota se  Jawa Tengah.
     Keberadaan kartu  tani  untuk menghindari penyimpangan distribusi pupuk bersubsidi dari pemerintah kepada petani. Meski begitu, para petani juga perlu bimbingan dan pendampingan dari Petugas Penyuluh Lapangan (PPL). Sehingga penggunaannya tepat sasaran.Dengan penggunaan kartu tani BRI, maka petani bisa mendapatkan pupuk murah, keuntunganya lebih banyak, sehingga kesejahteraan petani meningkat. Dengan kartu tani untuk memastikan bahwa pupuk bersubsidi sampai kepada yang berhak. Sebab, selama ini, penyaluran secara manual rentan penyelewangan dan susah terdeteksi. Disamping itu dengan adanya kartu tani  Pemerintah mendapatkan database petani  yang akurat untuk berbagai  keperluan.
     Bupati menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Pemprov Jateng menggelar rakor evaluasi penggunaan  kartu tani di Temanggung. Bupati berharap dengan  adanya evaluasi maka  kedepan  penggunaan  kartu tani  bias lebih  efektif dan efisien dan yang utamanya tepatsasaran dalam membantu petani  mendapatkan pupuk untuk berbagai  tanaman pertanian yang ditanam. Dengan demikian petani mendapatkan manfaat  sehingga  kesejahteraannya  meningkat. (Hms18/Edy Laks)

Berita Terkait