Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

Penuntasan Perekaman KTP Elektronik Dalam Rangka Sukses Pilkada 2018

Rabu, 04 April 2018 Pemerintahan

TEMANGGUNG,  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Temanggung, Rabu (4/4) mengadakan Koordinasi Persiapan Penuntasan Perekaman KTP Elektronik dalam  Rangka Sukses Pilkada 2018 di Ruang Loka Bhakti Praja Setda Kabupaten Temanggung.  Acara ini dihadiri oleh Pjs. Bupati Temanggung, Asisten Pemerintahan , Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kepala KPU  Temanggung, Ketua Panwaskab, Seluruh Camat Kabupaten Temanggung dan Operator Perekaman KTP Kecamatan se Kabupaten Temanggung.
    Pjs. Bupati Sudaryanto dalam sambutannya berharap tanggal 19 April 2018 nanti sudah selesai dalam penyelesaian perekaman ktp elektronik ini. Pengarahan dan mobilisasi penduduk untuk melaksanakan perekaman baik di usia 17 tahun atau yang akan 17 tahun, dan diharapkan 14 April 2018 nanti sudah selesai. Dibutuhkan komitmen dari segala pihak termasuk camat karena merupakan palang pintunya data.
    Menurut Assisten Pemerintahan Pilkada serentak semua yang mempunyai hak pilih sudah harus mempunyai KTP untuk digunakan nantinya. Pemerintah juga mempunyai kewajiban untuk memfasilitasi untuk penduduk agar dapat mengikuti pilkada. Sekaligus untuk tugas camat dan pemerintah untuk menyelesaikan perekaman KTP Elektronik. Panwas dan KPU disini menekankan tugas pemerintah untuk memfasilitasi agar penduduk bisa melaksanakan hak pilihnya dalam Pilkada 2018 nanti. Karena masih banyak 11.631 rb yang belum melakukan perekaman karena adanya beberapa factor, data diperoleh dari Dindukcapil. Mari kita konsentrasi dalam waktu yang singkat ini untuk menyelesaikan tugas bersama ini, ujarnya.
    Dalam acara ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Temanggung sudah membuat dan menyiapkan beberapa langkah untuk menuntaskan tugas ini, yaitu dengan melakukan persiapan awal dan membuat tim,  undang wajib rekam KTP Elektronik, pelaksanaan rekam KTP Elektronik di Kecamatan ( terjadwal ), pelaksanaan cetak KTP Elektronik / surat keterangan dan penanganan warga lanjut usia ( lansia ), sakit, hamil tua dan penyandang disabilitas. Adapun target waktunya 11 April 2018 – 31 Mei 2018.
    Dalam kegiatan tersebut Dindukcapil telah menyiapkan dengan mengadakan pelayanan mobil keliling untuk membantu perekaman KTP Elektronik di 3 Kecamatan yang masih banyak belum mengikuti perekaman yaitu di Kecamatan Kandangan, Ngadirejo, dan Gemawang, menurut paparan Kepala Dindukcapil.
    Sedangkan menurut Kepala KPU, mengingatkan bahwa penetapan DPT tingkat Kabupaten sesuai dengan tahapan, yaitu tanggal 19 April 2018. Untuk yang sudah berumur 17 tahun dan yang akan berumur 17 tahun kalau nanti sampai tanggal 18 masih belum terekam nantinya akan dikeluarkan dari DPT by name, tetapi tidak berarti kehilangan hak pilihnya yang nanti akan menerima surat keterangan dan yang bersangkutan tetap bisa menggunakan hak pilihnya. Di Kabupaten Temanggung sendiri, dibanding dengan kabupaten lain tetap terlihat paling sedikit yang belum mengikuti perekaman, dalam presentase hanya 3,69%. Masalah ini merupakan masalah nasional namun Temanggung ini angkanya relatif sedikit. Khusus untuk DPT sendiri  +2,5% maka DPT tersebut akan ditetapkan  pada 19 April nanti untuk memesan surat suara Pilihan bupati dan wakil bupati, sedangkan untuk pilihan gubernur ditetapkan  pada 21 April 2018. Target KPU Temanggung dalam pilkada ini partisipasi 85% dai DPT, memang ditarget tinggi karena untuk memerangi money politic yang t    Tentunya akan membawa Temanggung menjadi lebih baik.
    Dalam koordinasi ini Panwaslu sudah mengadakan beberapa kegiatan untuk DPT agar valid. Salah satu tugas Panwas juga untuk mengawasi akurasi data. Dan sampai hari ini sudah menemukan beberapa hal yang sudah dikirim dari ppl sampai panwascam karena masih ada tanggal lahir yang tidak sesuai, ganda nomor urut, ganda identik meninggal dunia yang masih terdata, pindah domisili masih terdata, NIK ganda, nomor KK terbalik dan belum KTP Elektronik  maka untuk data sinkron ini menjadi tugas bersama untuk diperbaiki, ujar ketua panwaslu. (HMS/18)

 

Berita Terkait