Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

Tingkatkan Pelayanan, Opd Saling Unjuk Inovasi Dalam Krenova Perangkat Daerah Tahun 2018

Senin, 05 November 2018 Umum

TEMANGGUNG, BAPPEDA Kabupaten Temanggung menyelenggarakan kompetisi Kreatifitas dan Inovasi (KRENOVA) Perangkat Daerah Tahun 2018. Hal ini dilakukan dalam upaya mendorong terciptanya budaya inovasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Temanggung, meningkatkan kualitas pelayanan publik dan peningkatan kinerja pemerintahan serta daya saing daerah. Selain itu juga untuk memberikan apresiasi dan penghargaan bagi Perangkat Daerah yang inovasinya menjadi yang terbaik.
     Sosialisasi dan pemberitahuan pelaksanaan lomba Krenova Perangkat Daerah dilaksanakan mulai bulan September sampai dengan November 2018. Dilanjutkan dengan tahapan seleksi administrasi yakni pengumpulan proposal dalam bentuk hardcopy dan softcopy serta dilaksanakan pula technical meeting sebelum tahapan presentasi peserta. Dari seleksi administrasi didapatkan 8 OPD yang mengirimkan karya inovasinya yakni DPUPKP, Dinas Lingkungan Hidup, Dinkominfo, Puskesmas Wonoboyo, Puskesmas Traji, Bagian Ortala, Dinarpus dan UPTD Balai Benih Ikan Disnakan. DPUPKP mengusulkan inovasi yang berjudul "SMART OFFICE DPUPKP" Menuju Profesionalisme Pelayanan Tanpa Batas, dariDinas Lingkungan Hidup Pembentukan Sekretariat Bank Sampah Kabupaten Temanggung. Sedangkan dari Puskesmas Wonoboyo "MINTI JAMBUL" Kegiatan Inovasi Jambanisasi, Langkah Sederhana, Manfaat dan Mengena, Menuju Kecamatan Wonoboyo  Open Defacation Free (ODF) dan Puskesmas Traji Upaya Gerakan Imunisasi Gigi Melalui UKGS Inovatif Dalam Mewujudkan Indonesia Bebas Karies Tahun 2030 Khususnya di Wilayah Kabupaten Temanggung. Dari Bagian Ortala Setda judul inovasinya Peningkatan Kinerja Aparatur Melalui Aplikasi E-Kinerja Pemerintah Kabupaten Temanggung, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan berjudul Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat Temanggung Melalui Talikur. Untuk Dinas Komunikasi dan Informatika judul inovasinya Jaringan Internet Desa (JARIT DESA) dan UPTD Balai Benih Ikan Dinas Perikanan dan Peternakan mengirimkan karya inovasi dengan judul Teknologi Monosexing Pada Benih Ikan Nila Dengan Menggunakan Hormon Metil Testosteron Alami.
     Tahapan penilaian dan presentasi peserta dilaksanakan pada tanggal 15 November 2018 bertempat di Bappeda Temanggung dengan menghadirkan Dewan Juri Krenova Perangkat Daerah sejumlah 7 orang yang berasal dari unsur akademisi dan birokrasi. Hal ini juga untuk meningkatkan kerjasama dengan berbagai Perguruan Tinggi di sekitar Kabupaten Temanggung serta untuk mendapatkan penilaian yang netral dan obyektif. Kriteria penilaian yang digunakan adalah memiliki kebaruan, yaitu memperkenalkan gagasan yang unik dan pendekatan yang baru dalam penyelesaian masalah, efektif, bermanfaat, dapat ditransfer/direplikasi dan berkelanjutan.(Hms18/Re)

Berita Terkait