Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

Rumah Warga Balerejo Rusak Diterjang Puting Beliung

Jumat, 11 Januari 2019 Bencana

TEMANGGUNG, Belasan rumah warga dusun  Jurang RT 01/02 Desa Balerejo  Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung rusak setelah diterjang angin puting beliung, Kamis sore kemarin (10/1) sekitar jam 16.00 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam bencana alam ini, namun kerugian yang diderita warga mencapai puluhan juta rupiah.
          Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung Gito Wangadi menjelaskan, sebelum kejadian wilayah Desa balerejo utamanya dusun Jurang diguyur hujan dengan intensitas cukup tinggi. Tak lama kemudian bertiup angin kencang dan menerjang sejumlah rumah warga . Kerusakan terparah menimpa rumah Suhardani (50) yang bagian atapnya  porak poranda  baik genting maupun kerangka kayunya  hancur berantakan. Demkian halnya rumah warga lain juga  rata-rata mengalami kerusakan pada bagian atapnya.
      “Akibatnya, sejumlah rumah warga rusak pada bagian atap. Kerugian yang derita warga diitaksir mencapai jutaan rupiah. Untuk rumah milik Suhardani yang paling parah kerugian diperkirakan  Rp.50 juta,” katanya sembari berharap  warga lebih waspada pasalnya bencana puting beliung datangnya mendadak dan setaiap saat bisa saja terjadi.
      Menurut dia, bencana angin puting beliung ini berlangsung sekitar 15 menit, namun merusak belasan rumah warga dan menumbangkan sejumlah pohon. “Kami sudah melakukan penangganan untuk penanganan bencana ini. Masyarakat juga bergotong-royong untuk membersihkan puing-puing atap rumah yang berserakan dan memperbaiki rumah yang rusak,” ujarnya. ( Hms19/Edy Laks )

 

Berita Terkait