Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

Pemkab Temanggung Gelar Halal Bil Halal

Senin, 10 Juni 2019 Umum

Temanggung, Pemerintah Kabupaten Temanggung, menyelenggarakan halal bil halal Senin  (10/6) di Graha Bhumi Phala Setda Kabupaten Temanggung. Halal bil halal dihadiri Bupati, Wakil Bupati, Pj Sekda, Para Asisten Sekda dan para pimpinan OPD serta diikuti para pegawai. Sedang uraian hikmah halal bil halal disampaikan KH  Muhammad Furqon.
     Dalam sambutannya Bupati HM Al Khadziq mengatakan, setelah selesai menikmati liburan Hari Raya Idul Fitri diharapkan para pegawai  kembali bekerja melaksanakan tugas-tugas kedinasan  sebagaimana biasanya  sesuai ketentuan jam kerja. Momentum Idul Fitri  hendaknya dijadikan pemacu semangat dalam bekerja agar semakin optimal guna mewujudkan Temanggung yang toto titi tentrem marem dan gandem.  Atas nama pribadi  maupun Pemkab, bupati menyampaikan selamat Idul Fitri minal aidzin  mohon maaf lahir dan batin.
Pengurai hikmah halal bil halal KH Muhammad Furqon dalam ceramahnya mengatakan, budaya halal bil halal hanya ada di Indonesia. Di negara lain seperti di Arab Saudi tidak ada. Hal ini sebagai tradisi budaya lokal yang harus dilestarikan. Diutarakan halal bil halal menjadi wahana untuk saling memberi maaf satu sama lain. Dengan demikian hubungan silaturahmi antar umat berjalan harmonis.
     Dikatakan  Umat Islam sebelum merayakan Idul Fitri dan berhalal Bil halal, terlebih dahulu  melaksanakan  ibadah puasa selama satu bulan penuh.  Oleh karena itu setelah menjalankan puasa hendaknya kualitas hidupnya bertambah baik. Dengan menjalankan Ibadah puasa sudah semestinya berdampak positif untuk meningkatkan kadar iman dan taqwa kepada allah SWT. Selain itu dengan beribadah puasa, rasa kepedulian sosial untuk membantu sesama juga semakin meningkat.
     Halal Bi Halal diakhiri  dengan saling berjabat tangan oleh unsur pimpinan maupun staf kepada Bupati, Wakil Bupati dan Pj Sekda dan para Asisten Sekda.(Hms/Edy Laks)

Berita Terkait