Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

KURANGI ANGKA KEMATIAN BAYI, PUSKESMAS PRINGSURAT LUNCURKAN PUSKESMAS RAMAH ANAK

Rabu, 04 September 2019 Kesehatan

PRINGSURAT – Launching Puskesmas Ramah Anak di Puskesmas Pringsurat pada Rabu (4/9) pagi oleh Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Temanggung, Hary Agung Prabowo disambut antusias masyarakat. Puskesmasdengan pelayananan akber tujuan untuk memberikan fasilitas kesehatan pada pasien khusus anak-anak dan mendukung tumbuh kembang anak. Acara yang dihadiri oleh kepala dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung, Dr.Suparjo, M.Kes.
    “Pencetusan Puskesmas Ramah Anak di kecamatan Pringsurat ini karena memang dua tahun terakhir ini angka kematian bayi dan anak di Kecamatan Pringsurat cukup tinggi, maka dengan adanya puskesmas ini angka kematian bayi semakin berkurang,” ujar Kepala Puskesmas Kecamatan Pringsurat.
    Puskesmas Pringsurat ini merupakan puskesmas ke-17 yang mendapatkan predikat Puskesmas ramahanak.“Puskesmas Pringsurat ini adalah puskesmaske-17 di Kabupaten Temanggung. Masih kurang 9 puskesmaslagi. Harapannya,tahundepansemuapuskesmas di Kabupaten Temanggung akan menjadi puskesmas yang ramah anak,” ungkap Suparjo dalam sambutannya.
    Menurut Suparjo, dalam memberikan pelayanan kesehatan puskesmas harus meliputi semua segmen umur, dari bayi hingga lansia. Maka, perlunya ada puskesmas ramahana kini sebagai program pendukung yang memberikan kenyamanan bagi pasien anak. Tambahnya, untuk mendapat predikat sebagai puskesmas ramah anak harusmemenuhi beberapa komponen, di antaranya adalah masalah keamanan bagianak-anak, adanya ruang laktasi, tersedianya cakupan-cakupan pelayanan kesehatan anak, adanya ruang bermain yang aman untuk anak, dan adanya jaminan tenaga medis yang mumpuni.
    Dalam sambutan Bupati Temanggung yang dibacakan oleh Pejabat Sekretaris Daerah Kabupaten Temanggung, Bupati Temanggung, HM Al Khadziq berpesan untuk menjagafasilitas untuk anak-anak dengan baik, agar anak-anak merasa tidak takut ketika akan kepuskesmas. Selain itu, pelayanan kesehatan untuk anak-anak juga harus memadahi, memperhatikan kebutuhan gizi harus diperhatikan dengan baik dan harus adanya tenaga medis yang menanganik husus bidang kesehatan anak  dan  balita.
    Selain penyerahan SK Bupati sebagai Puskesmas ramah anak, kegiatan launching ini juga dilakukan peresmian dengan pemotongan tumpeng dan pemotongan pita gedung rawat inap dan gedungimunisasimilikpuskesmaspringsurat. Dalam acara ini juga diadakan lomba mewarnai tingkat taman kanak-kanak dan lomba fashion show anak. (HMS PemkabTemanggung)

 

Berita Terkait