Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

Workshop Penglolaan Keuangan Dana Desa Dengan Siskeudes

Senin, 25 Pebruari 2019 Pemerintahan

TEMANGGUNG, Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan atau (BPKP) Provinsi Jawa Tengah Kamis, (21/02/2019) menggelar workshop evaluasi sistem tata kelola keuangan desa dengan aplikasi siskeudes di Graha Bumi Phala, komplek Setda Kabupaten Temanggung. Workshop diikuti seluruh camat dan kepala desa se Kabupaten Temanggung.
Dalam sambutanya, Bupati Temanggung H.M Al Khadziq menyampaikan, sesuai dengan undang-undang No 06 tahun 2014 tentang desa, menuntut kompetensi penyelenggara pemerintahan desa untuk lebih mampu memahami menguasai regulasi serta memiliki kapasitas dan kapabilitas dalam penyelenggaran pemerintah desa.
“Kebijakan pemerintah pusat sejak tahun 2015, dari tahun ke tahun dana desa yang diberikan ke desa selalu meningkat.  Hal ini tentunya selalu diikuti dengan semakin meningkatnya kuwaliatas aparatur pemerintah desa. Sehingga dana yang diterima oleh desa baik itu dana desa bantuan  keuangan, maupun PAD desa mampu dan bisa di pertanggungjawabkan secara trasparan dan angkuntabel serta menghindari penyalahgunaan kewenangan maupun penyalahguaan keuangan yang berdampak hukum” terang Bupati.
Bupati juga berharap para kepala desa untuk bisa mencermati dan menindaklanjuti yang di sampaikan oleh para nara sumber  sehingga tahun 2019 ini semua desa di Kabupaten Temanggung sudah bisa menerapkan aplikasi versi terbaru siskeudes. Ia juga berharap semua kepala desa beserta perangkatnya tidak ada yang terdampak hukum sehingga bersama-sama mewujudkan Temanggung yang toto, titi, tentrem, marem lan gandem.  
“Pelaksanaan workshop merupakan upaya untuk melaksanaan penglolaan keuangan desa sesuai dengan amanat Kemendagri No 20 tahun 2018, dimana desa wajib menggunakan aplikasi siskeudes  versi terbaru. Sehingga penglolaan keuangan desa dapat secara tertib dikelola dengan baik trasparan dan angkuntabel”.
Dalam Kesempatan itu, workshop menghadirkan tiga narasumber, diantaranya Hari Purnomo anggota komisi XI DPR RI, Kepala Perwakilan BPK Provinsi Jawa Tengah Samono, Kasudip III Polda Jateng AKBP Gunawan, dan Sekda Kabupaten Temanggung  Suyono Sebagai Moderator. (HMS19/Akbar Haksomo)
 

 

Berita Terkait