Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

Temanggung Raih Juara Dua Penghargaan Pembangunan Daerah 2019

Senin, 13 Mei 2019 Pemerintahan

TEMANGGUNG, Bupati Temanggung HM Alkhadziq  menerima  piala dan piagam penghargaan dari Presiden  Joko Widodo  atas keberhasilan Pemerintah Kabupaten Temanggung meraih Penghargaan Pembangunan Daerah tahun 2019 pada peringkat kedua dalam kategori perencanaan dan pencapaian terbaik tingkat kabupaten. Penghargaan tersebut diserahterimakan bersamaan dengan acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) yang diselenggarakan  di Hotel Shangrilla Jakarta, Kamis (09/05).
     Pelaksana Tugas Kepala Bappeda Kabupaten Temanggung Ripto Susilo mengatakan baru pertama kali Pemkab Temanggung lolos ke nominasi nasional dan alhamdulillah meraih peringkat kedua untuk tingkat kabupaten. Sedang  peringkat pertama diraih  Kabupaten tanah datar  dan peringkat tiga direbut  Kabupaten Tabanan. Diutarakan selama ini di tingkat Provinsi Jateng, Temanggung juga belum pernah mendapat nominasi, bahkan cenderung berada pada peringkat bawah.
     Berangkat dari hal tersebut pihaknya  berusaha melakukan perbaikan-perbaikan  dengan melibatkan semua unsur terkait.
     Dokumen  hasil perbaikan tersebut kemudian kita ajukan ke tingkat provinsi, dan membuahkan hasil  yang semula ranking 27 naik peringkat  menjadi 10 besar tahun ini dan akhirnya lolos ke tingkat nasional. Pada penilaian tingkat nasional diumumkan Temanggung  menjadi  salah satu  Kabupaten dari 19 kabupaten yang lolos tahap 3 untuk penilaian dokumen tingkat nasional. Dokumen  yang diajukan  berjudul Musrenbang Kami Beda dan setelah  paparan  dihadapan tim penilai di Jakarta, dinyatakan masuk 10 besar.
     Ia menuturkan dengan "Musrenbang Kami Beda" pemerintah daerah memberikan jaminan bahwa hasil musrenbang 99 persen muncul di APBD sehingga usulan dari bawah tidak akan hilang, karena ada pagu umum dan pagu tematik dan uang itu ada di tingkat kecamatan.
     Ripto menambahkan  penilaian penghargaan daerah kini lebih komprehensif dengan tidak hanya mempertimbangkan unsur perencanaan, namun juga pencapaian pembangunan daerah. Penjurian  dilakukan melalui proses berjenjang dengan melibatkan berbagai pihak termasuk  dari kalangan professional, akademisi serta praktisi pembangunan. Objek  dan ruang lingkup  penilaian mencakup dokumen Rencana Kerja Pemabngunan Daerah ( RKPD), proses penyusunan RKPD, pencapaian pelaksanaan dokumen RKPD dan inovasi yang dikembangkan serta penilaian khusus terkait pelaksanaan pembangunan di daerah.
     Kasubbid Perencanaan dan juga Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Rencana Kegiatan Pembangunan Daerah (RKPD) 2019 Bappeda Kabupaten Temanggung Dwi Sukarmei mengatakan keberhasilan mendapatkan penghargaan pembangunan daerah peringkat dua ini bukan hanya karya Bappeda sendiri. Akan tetapi  berkat  dukungan dan kerjasama berbagai pihak terkait yang telah berkontribusi positif  demi suksesnya penyelenggaraan Musrenbang.
     "Keberhasilan mendapatkan Penghargaan ini berkat dukungan luar biasa dari kawan-kawan semua dari musrenbang desa/kelurahan hingga musrenbang kecamatan sampai mensinkronkan antara usulan kecamatan dengan organisasi perangkat daerah (OPD) teknis pengelola harus menerima musrenbang itu menjadi penting, kemudian peran kasubbag perencanaan OPD juga luar biasa," katanya. (Hms19/Edy Laks)

Berita Terkait