Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

266 Ketua BPD Mengikuti Pembekalan

Jumat, 24 Mei 2019 Umum

Temanggung, Pemerintah Kabupaten Temanggung menyelenggarakan pembekalan kepada 266 ketua  Badan Permusyawaratan Desa (BPD) masa jabatan 2019 – 2025 di pendopo Pengayoman Kamis kemarin (23/5). Pembekalan bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang tugas  pokok dan fungsi BPD agar bisa melaksanakan  tugas dengan baik.
     Kepala Dinas Pemberdayaan  Masyarakat Desa Kabupaten Temanggung Agus Sarwono mengatakan pembekalan  berlangsung sehari diikuti 266 ketua  BPD dari 266 desa yang tersebar di 20 Kecamatan. Materi pembekalan mengenai ruang lingkup tugas pokok dan fungsi BPD agar bisa dipahami  secara baik dan benar sehingga mampu menjalankan  tugas  secara optimal  sebagai mitra Kepala Desa dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. Menurutnya BPD secara umum mempunyai kewenangan  membahas rancangan peraturan desa bersama Kepala Desa, melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan desa dan peraturan kepala desa. Selain itu mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian kepala desa, membentuk panitia pemilihan kepala desa, menggali, menampung, menghimpun, merumuskan dan menyalurkan aspirasi  masyarakat. Juga berwenang menyusun dan menetapkan tata tertib BPD.
     “Karenanya  BPD dituntut memiliki pengetahuan yang lebih sehingga mampu mengakomodasi kepentingan masyarakat serta dapat memanfaatkan dan mendayagunakan   sumber daya  baik dana, SDM dan sarana dan prasarana yang masih terbatas” tandasnya  seraya menambahkan dengan demikian upaya mewujudkan  masyarakat yang maju dan sejahtera bisa tercapai.
     Disamping itu berkait dengan akan diselenggarakannya   pemilihan kepala desa di  mana salah satu tugas pokok BPD menginformasikan 6 bulan sebelum berakhirnya masa jabatan Kepala Desa  secara tertulis kepada kepala desa bahwa masa jabatannya  akan habis. Pada tahapan selanjunya yakni menyiapkan pembentukan panitia Pilkades oleh BPD. Dengan persiapan yang matang  diharapkan pelaksanaan Pilkades yang akan digelar di 216 desa  nantinya bisa berjalan sukses tanpa ekses.(Hms19/Edy Laks)

Berita Terkait