Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

KOPERASI SAATNYA MANFAATKAN TEKNOLOGI DIGITAL

Jumat, 26 Juli 2019 Umum

TEMANGGUNG, Pemerintah Kabupaten Temanggung mengadakan  peringatan hari Koperasi ke 72 dipendopo pengayoman Kamis  (25/7). Acara peringatan dihadiri Penjabat Sekretaris Daerah Suyono, FKPD, pejabat terkait dan diikuti segenap jajaran pengurus dan anggota Dewan Koperasi Indonesia Daerah (DEKOPINDA) Temanggung.
     Bupati dalam sambutan tetulisnya yang dibacakan  Penjabat Sekda Suyono mengatakan  tema  Hari Koperasi Nasional tahun ini yaitu Reformasi total koperasi di era revolusi industri 4.0. Sejalan dengan tema tersebut, maka tantangan yang dihadapi dunia perkoperasian tidak hanya sekedar mengubah cara berbisnis dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi semata, namun menyangkut persoalan mindset dan juga perubahan dalam system tata kelola . Dalam konteks ini maka koperasi harus melakukan reformasi total terhadap system kepranataan yang sudah berjalan selama ini.
          Reformasi total yang telah dijalankan dalam rentang waktu 5 tahun terakhir ini, pada dasarnya mendorong koperasi beradaptasi dan bertransformasi dalam menghadapi lingkungan yang berjalan dinamis. Insan koperasi disiapkan untuk mempunyai kreatifitas dan inovasi yang tinggi guna menata organisasi dan strategi bisnisnya. Oleh karena itu koperasi sudah saatnya memanfaatkan teknologi digital dengan menggunakan platform e-commerce, aplikasi retail online dan pengembangan aplikasi-aplikasi bisnis lainnya.
          Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Roni Nurhastuti mengatakan  pihaknya telah  melakukan penguatan system database koperasi, sehingga koperasi yang terdata hanya yang benar-benar sehat saja. Berdasarkan data sampai bulan Juni 2019 tercatat di Kabupaten Temanggung terdapat 608 , tidak aktif 80, aktif 528 serta yang sehat 60 koperasi. Sedang upaya pengembangan yang dilakukan  yaitu meningkatkan kapasitas koperasi sebagai badan usaha berbasis anggota yang sehat, kuat, mandiri dan tangguh.  (Hms19/Edy Laks)

 

Berita Terkait