Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

HUT ke 74 RI di Negeri Tembakau

Rabu, 21 Agustus 2019 Pemerintahan

Temanggung, Diawali dengan penyerahan bendera Pusaka dan bendera yang akan di kibarkan pada detik-detik Proklamasi pada jam 06.00 WIB di pendopo pengayoman oleh Wakil Bupati Temanggung R. Heri Ibnu Wibowo Kepada Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), sebagai rangkaian awal Peringatan HUT ke 74 Republik Indonesia di Pemerintah Kabupaten Temanggung.
     Bupati Temanggung HM Al Khadziq selaku inspektur upacara pada detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia di Aloon-aloon Temanggung. Dalam sambutanya beliu membacakan sambutan dari gubernur Jawa Tengah, menyampaikan bahwa kita diciptakan atas satu jalinan sebagai sapu lidi, yang jika lepas ikatannya ambyar kebangsaan kita, ambyar negara kita, ambyar Indonesia Raya. Sejarah telah mengikat kuat kita, perasaan senasib sepenanggungan telah menyatukan kita, dan Pancasila telah mendasari kita sebagai bangsa dan negara yang besar.
     Selesai upacara pengibaran bendera pada detik-detik proklamasi dilanjutkan dengan acara penanaman pohon buah-buhan unggul oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkominda) di taman sekitar Pendopo Pengayoman.
     Serangkaian dengan acara tersebut di atas Forkominda melanjutkan menyaksikan pengibaran bendera besar dengan ukuran 40 x 30 meter yang dibentangkan di rel bekas kereta api yang membentang di Kali Progo. Pengibaran bendera dilakukan oleh puluhan pemuda, anggota polri dan TNI. Dengan pengibaran bendera ini diharapkan dapat menggugah rasa nasionalisme para pemuda.
     Komanda Kodim 07/06/Temanggung Letkol Inf Albertus Yostina Davit Alam selaku inspektur upacara dalam upacara penurunan bendera pada HUT ke 74 Republik Indonesia. Acara di awali dengan aubade dari ratusan pelajar baik SLTP maupun SLTA, dengan menampilkan gerak dan lagu perjuangan. Juga penampilan marching band Gema Kartika Mandala dari SMK Swadaya Temanggung. Yang mengejutkan di luar acara di lakukan flashmob jaranan dari masyarakat dan di ikuti forkominda, tamu undangan serta para pelajar yang ada di aloon-aloon Temanggung saat itu.
     Selain itu pada HUT ke 74 RI ini Bupati Temanggung menginstruksikan kepada perusahaan-perusahaan untuk melaksanakan upacara pengibaran bendera Merah putih di Lingkungan perusahaannya pada saat detik-detik proklamasi.(hms/pakDhe)

Berita Terkait