Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

Fokus : (kurang) DUA SETENGAH BULAN TERAKHIR

Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) merupakan salah satu produk kebijakan di tingkat daerah yang penyusunan dan penetapannya dilakukan setiap tahun. Salah satu indikator keberhasilan APBD adalah dilihat dari tingkat penyerapan anggaran. Rendahnya penyerapan anggaran belanja langsung akan mengganggu pencapaian target pembangunan dan pertumbuhan ekonomi selain itu juga dapat mengindikasikan target pembangunan meleset dan menggambarkan buruknya kinerja pemerintah.
Kurang dari dua setengah bulan waktu yang ada guna menyelesaikan semua kegiatan yang ada di tahun 2017. Waktu yang sangatlah singkat. Hingga saat ini masih banyak kegiatan di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang belum terselesaikan. Banyak faktor yang menjadi alasan mengapa hingga akhir semester banyak anggaran yang belum terbelanjakan. 
Serapan anggaran Pemkab Temanggung per September 2017 masih sangat rendah, yakni sekitar 40%. Keadaan ini lebih rendah jika dibandingkan dengan bulan yang sama di tahun sebelumnya. Rendahnya serapan anggaran dikarenakan salah satunya adalah proyek-proyek besar yang sedang dilakukan di Pemkab Temanggung berakhir di Bulan Desember 2017.
Pemkab mengupayakan agar penyerapan anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah hingga Nopember 2017 lebih maksimal. Upaya yang ditempuh Pemkab adalah dengan senantiasa melakukan evaluasi dan dorongan kepada OPD agar bekerja lebih cepat karena tahun anggaran 2017 akan segera berakhir. 
Guna mencapai serapan yang maksimal, maka semua kepala OPD harus mengejar target yang telah direncanakan. Jangan sampai di akhir tahun anggaran banyak anggaran yang dikembalikan ke Kas Daerah karena tidak terbelanjakan. Perangkat Daerah harus meningkatkan serapan anggaran melalui perencanaan program yang sudah dibuat guna mempercepat pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. (re2)


re2