Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

Fokus : “Menggaungkan” Temanggung

     Alhamdulillah, selesai sudah pagelaran besar yang dihajat oleh Pemkab Temanggung. Pagelaran Budaya yang bertajuk  Festival Sindoro Sumbing (FSS) telah sukses menyedot perhatian berbagai kalangan elemen masyarakat. Hal ini tak lepas dari dukungan dari berbagai stakeholder, yakni pemerintah, komunitas, budayawan, media, dan juga masyarakat. Kolaborasi yang bagus serta dukungan bersama-sama semua elemen tersebut membuahkan FSS terasa greget dan menjangkau masyarakat luas.
    FSS merupakan bagian dari gelaran Platform Indonesiana, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang melibatkan Pemerintah Kabupaten Temanggung dengan Pemerintah Kabupaten Wonosobo. Namun dalam pelaksanaanya sesuai instruksi dari Kemendikbud, acara ini dilaksanakan oleh komunitas sedangkan Dinas hanya sebagai fasislitator dan penanggung jawab kegiatan.
    ‘Lestari’ adalah tema yang diambil dalam pagelaran FSS tahun ini, hal ini selaras dengan tujuan diadakan festival budaya ini yaitu pelestarian lingkungan melalui pendekatan yang kreatif serta seni pertunjukan. Kedepan, pagelaran ini direncanakan akan diadakan setiap tahun. Harapanya adalah akan tumbuh rasa memiliki dan bangga akan budaya seni lokal, dan tidak mustahil akan lahir bakat-bakat baru serta kreativitas baru di dunia kesenian lokal. Anak-anak muda dengan penuh energi dan kreasi mempunyai wadah dan panggung untuk mengekspersikan kebolehanya.
    Tak hanya FSS saja ajang besar yang dihelat oleh Pemkab. Pemkab Temanggung dalam hal ini diwakili oleh BAPPEDA Temanggung sukses menjadi tuan rumah acara Perkemahan Ilmiah Remaja Regional Jawa Tengah. PIRR merupakan hasil kerjasama antara Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dengan Pemerintah Kabupaten Temanggung. Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak para remaja memenuhi rasa keingitahuannya tentang riset. Dengan mengikuti PIRR para peserta akan belajar bagaimana merancang sebuah penelitian, mendalami metodologi peneilitian, dan menyusun karya tulis yang benar hingga menjadi sebuah laporan penelitian yang menarik.
    Berbagai acara dengan skala besar yang digelar di Temanggung, diharapkan akan menggaungkan nama Temanggung. Dengan demikian segala potensi yang ada di Temanggung bisa dikenal oleh daerah lain, baik potensi industri, potensi pertanian dan juga potensi wisata. Dimasa mendatang event besar ini akan mendongkrak pemasukan daerah dari sektor wisata.(redaksi)


redaksi