Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

 

Desa Danupayan

DESA DANUPAYAN KECAMATAN BULU

Wilayah Kecamatan Bulu yang merupakan salah satu dari 20 kecamatan di kabupaten Temanggung berbatasan dengan : wilayah Barat dengan Kecamatan Parakan dan Kledung, Wilayah Utara dengan Kecamatan Kedu, Sebelah Timur Kecamatan Temanggung dan Tlogomulyo dan Sebelah Selatan dengan Kecamatan Tlogomulyo. Yang  terletak pada Ketinggian tanah rata-rata 772 m dpl dengan suhu antara 29 oC dan 18 oC. Dengan rata-rata jumlah hari hujan 64 hari dan banyaknya curah hujan 22 mm/th. Kecamatan Bulu luas wilayah 4304 ha, dengan jumlah penduduk 44.722 orang dan mempunyai 19 desa.
Salah satu dari 19 desa/kelurahan di kecamatan Bulu adalah Desa Danupayan yang terletak di ketinggian 650 m dari permukaan laut dan berjarak 2 km dari ibu kota kecamatan Bulu dan 2,26 km dari ibu kota Kabupaten. Dengan luas 189,51 ha yang terbagi dalam lahan sawah 150,86 ha dan lahan bukan sawah 189,51 ha. Dari Lahan sawah bukan sawah dipergunakan untuk Bangunaan/pekarangan, dan Lahan Lainnya.
Desa Danupayan terdapat  6 dusun yang terdiri dari 6 Rukun warga (RW) dan 14 Rukun tetangga (RT) dan terdapat 715 Rumah tangga. Jumlah penduduk 2.729 jiwa terdiri dari 1.401 jiwa Laki-laki dan 1.328 jiwa Perempuan.
Penduduk usia 10 tahun keatas bermatapencaharian Petani tanaman pangan, Peternak, Petani Ikan, Pertambangan/Penggalian, Industri pengolahan, Bangunan, Pedagangan, Hotel & Rumah Makan, Pengangkutan & Komunikasi, Jasa-jasa dan lainnya.
Untuk sumber air minum berasal dari Leding/PAM,  Sumur dan Mata Air. Dan untuk penerangan 691 menggunakan PLN dan - rumah tangga menggunakan penerangan lain non PLN.
Dalam bidang pendidikan banyaknya penduduk di atas 5 tahun yang Tamat PT/Universitas 63 orang, Tamat Akademi 51 orang, Tamat SLTA/sederajat 375 orang, tamat SLTP/ sederajat 420 orang, Tamat SD/sederajat 835 orang, Tidak tamat SD - orang, Belum tamat SD 667 orang dan Belum/ tidak sekolah 97 orang. Untuk sarana pendidikan terdapat 2 unit TK, 2 unit SD/MI, - unit SMP/Mts dan - unit SMU.
Bidang Kesehatan terdapat Prasarana kesehatan - unit Puskesmas, - Puskesmas pembantu, 7 unit Posyandu dan 1 unit Polides.
Tanaman pangan yang dikembangkan di desa ini adalah Padi, Jagung, Ketela Pohon, Ketela Rambat, dan Kacang tanah. Tanaman sayuran yang dikembangkan berupa Cabe dan Kacang Panjang. Buah-buahan yang dikembangkan adalah Klengkeng, Rambutan, Durian, Mangga, Salak, Pisang dan Pepaya. Sedangkan tanaman perkebunan yang dikembangkan berupa Cengkeh, Kelapa dan Kapulaga
Ternak yang dikembangkan di desa tersebut berupa Sapi, Kerbau, Kambing/domba, Ayam buras, Ayam Ras dan Itik.

Peta Dusun dan Desa Danupayan

Sumber :
Kecamatan Bulu dalam angka 2012