Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PASIEN TIDAK MAMPU

Kamis, 12 Pebruari 2009 Sosial

PASIEN TIDAK MAMPU DIKIRIM KE RUMAH SAKIT

TEMANGGUNG- Lantaran tidak mampu, Ny Nila ( 22) penderita sakit TBC kronis warga kampung Gestrikan Keluarahan Temanggung I dikirim berobat di Rumah Sakit Umum Temanggung Selasa kemarin (10/2 ) . Pasien tidak mampu itu dikirim oleh Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Temanggung setelah sebelumnya menerima laporan dari Kepala Kelurahan setempat.

Kepala Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Masruchi melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan Ny. Sri Purwanti dikantornya kemarin menjelaskan, saat dikirim ke rumah sakit kondisi pasien sangat memprihatinkan. Ny. Nila menderita sakit TBC kronis dan sudah menjalar ke bagian lever . Kondisinya sangat lemah dan sulit untuk bicara. Disisi lain kehidupan ekonominya mengenaskan karean tidak memiliki pekerjaan tetap.

Selama ini lanjut dia yang bersangkutan tinggal di rumah berukuran kecil dan tidak layak huni bersama kedua anaknya laki-laki dan perempuan berumur 13 bulan dan 4 bulan. Untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari hanya mengandalkan kerja serabutan dan bantuan dari tetangga yang bersimpati.

Saat mau dikirim, kondisinya sangat lemah . Rumah tinggalnya kecil dan tidak layak huni, anaknya dua masih kecil-kecil. Wah sungguh memprihatinkan. Oleh karena itu dia dikirim ke rumah sakit agar memeroleh perawatan yang memadai hingga sembuh. Seluruh biaya ditanggung Pemerintah karena pasien memiliki kartu Askeskin ujarnya.

Menurut Sri Purwati, dengan memiliki memiliki karu Askeskin Ny. Nila sebenarnya sudah berobat ke rumah sakit, namun kurang telaten dan berkelanjutan sehingga penyakitnya tidak kunjung sembuh bahkan semakin parah. Diharapkan setelah dikirim ke rumah sakit, penyakit yang dideritanya bisa disembuhkan seperti sedia kala. Dengan demikian pasien kembali sehat untuk melaksanakan aktivitas seharai-hari secara normal.

Yang penting saat ini dengan dikirim ke rumah sakit, kesehatannya bisa segera pulih. Setelah sembuh, kita akan memikirkan untuk melakukan pendampingan agar mereka bisa hidup layak seperti warga yang lain Katanya seraya menambahkan akan diupayakan bantuan modal usaha dan perbaikan rumah . (Edl-Humas).

Berita Terkait