Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

RAKON PKK

Sabtu, 14 Maret 2009 Sosial
TP PKK BUDAYAKAN MAKAN SEHAT  DAN BERGIZI  BAGI ANAK SEKOLAH 

TEMANGGUNG, Tim Penggerak PKK Kabupaten Temanggung  mengadakan rapat konsultasi dalam rangka  penyusunan program kerja  tahun 2009 di Graha Bhumi Phala Kamis kemarin (12/3) . Rapat dihadiri Bupati, pimpinan SKPD terkait dan diikuti jajaran pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten maupun  Kecamatan.
Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Temanggung  Lies Daryati Hasyim, S.Pd menjelaskan melalui rapat konsultasi yang berlangsung sehari itu menghasilkan rumusan berbagai program kerja  tahun 2009. Program kerja tersebut antara lain  membudayakan makan sehat dan bergizi bagi anak sekolah, ibu hamil, menyusui dan balita, pengembangan citra makanan tradisional dan menyajikan pangan lokal dan buah dalam setiap pertemuan.
Selain itu  juga memprogramkan penyajian menu beraneka ragam sejak dini bagi anak dari bahan baku pangan lokal untuk menarik selera dan  pemanfaatan pekarangan untuk memenuhi kebutuhan pangan dan peningkatan pendapatan keluarga. Ujarnya
Lebih lanjut dikemukakan, dalam rangka penanggulangan bahaya narkoba dan untuk mengatasi kenakalan remaja  Tim Penggerak PKK juga akan terus menerus  melakukan penyuluhan  dan penyebarluasan informasi secara berjenjang sampai di tingkat dasa wisma. Demikian halnya  mengingat fenomena makin maraknya kasus-kasus  kekerasan dalam rumah tangga dan trafiking  akan terus dimasyarakatkan UU No 23 tahun 1982 tentang perlindungan anak dan UU tentang pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga.
Menurutnya dewasa ini  ditengarai masih banyak ditemukan anak usia dini yang belum mendapatkan pendidikan secara maksimal baik melalui Bina Keluarga Berencana maupun Pendidikan Anak Usia Dini. Berkait hal itu pada tahun 2009 ini pihaknya juga memprogamkan peningkatanjumlah maupu kualitas Pos Pendidikan Anak Usia Dini
Sementara itu berkait dengan semakin dekatnya Pemilu Legislatif 9 April mendatang , dia menegaskan Tim Penggerak PKK bersikap netral , tidak mewakili  atau mendukung  secara aktif kepada salah satu partai politik. Hal itu dipertegas dengan surat Mendagri Nomor 270/543/SHJ tanggal 23 Pebruari 2009 tentang Netralitas Anggota dan Pengurus Tim Penggerak PKK dalam Pemilu 2009.
Sesuai hasil Rakernas VI PKK tahun 2005 menyebutkan bahwa salah satu kriteria anggota TP PKKK bersifat perorangan tidakmewakili suatu organisasi, golongan, partai politik, lembaga atau instansi. Sehubungan hal tersebut diminta Tim Penggerak PKK di semua tingkatan dalam Pemilu Legislatif maupun Pemilihan Presiden bersikap netral jelasnya (Edl-Humas).

Berita Terkait