Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

JUMPA PERS

Rabu, 25 Maret 2009 Umum
Bupati Jumpa Pers Dengan Wartawan
PEMBANGUNAN DIARAHKAN UNTUK MENURUNKAN KEMISKINAN

TEMANGGUNG, Bupati Temanggung Drs. Hasyim Afandi menggelar jumpa pers dengan wartawan baik media cetak maupun elektronik di rumahmakan Pawonkoe  Selasa siang kemarin (24/3). Jumpa pers sebagai wahana silaturakhmi serta bertujuan untuk mempererat jalinan komunikasi sekaligus sebagai wahana untuk saling bertukar informasi antara Pemkab Temanggung dengan para wartawan .Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati, Sekda dan para Asisten Sekda serta Kabag Humas.
   Pada kesempatan itu Bupati mengemukakan, persoalan yang paling mendasar untuk segera ditangani  yakni upaya mengurangi angka kemiskinan masyarakat. Dikatakan sesuai data dari Badan Pusat Statistic, angka kemiskinan di Temanggung saat ini tergolong tinggi mencapai 31 persen . yang tersebar  di 20 Kecamatan . Pendapatan rata-rata Perkapita  setiap warga lanjutnya,  setiap bulan hanya Rp. 430.000,-, padahal standart Kebutuhan Hidup Minimum ( KHM ) Rp. 640.000,- setiap orang perbulan, sehingga masih terpaut jauh. Kondisi yang demikian  menjadi keprihatinan bersama  untuk ditangani secara serius dengan bekerja keras, jujur dan tidak korupsi serta terfokus melalui berbagai program pembangunan dengan sasaran akhir meningkatnya kesejahteraan masyarakat.
   “Angka kemiskinan di Temanggung masih tinggi. Salah  upaya Pemkab untuk mengurangi angka kemiskinan,  tahun 2009 ini memberikan bantuan Pagu Wilayah Kecamatan  sebesar  Rp. 500.000.000,- Dana tersebut  didayagunakan untuk kegiatan pemberdayaan ekonomi rakyat sesuai potensi di kecamatan masing-masing” ujarnya seraya menambahkan, dana Pagu Wilayah tidak boleh dibagi rata  perdesa, namun dikonsentrasikan  untuk pengembangan beberapa  potensi ekonomi sehingga hasilnya kelihatan.
   Dia mencotohkan,  di Desa Mergowati dan Karangtejo kecamatan Kedu  memiliki potensi pohon bambu yang banyak, warga miskin yang ada di wilayah setempat bisa diarahkan untuk membuat kerajinan bambu. Dengan demikian warga yang tergolong Rumah Tangga Miskin  memiliki ketrampilan membuat satu produk yang bisa dijual sehingga kesejahteraannya meningkat. Demikian halnya didaerah lain , warga miskin juga akan diberdayakan sesuai potensi ekonomi  yang dimiliki  sehingga berpeluang  memperoleh pendapatan  yang layak.
   “Melalui berbagai program pemberdayaan ekonomi kerakyatan, diharapkan angka kemiskinan setiap tahun turun 3 persen, sehingga selama 5 tahun kedepan angka kemiskinan bisa diturunkan menjadi 15 persen. Oleh karena itu semua SKPD hendaknya memiliki persepsi yang sama dan kerja keras, bahwa seluruh kegiatan yang dilaksanakan harus bermuara pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat  pastinya untuk menurunkan agka kemiskinan“ tandasnya
   Pada bagian lain Bupati juga menyampaikan tahun 2009 ini akan dibangun gedung perpustakaan daerah di komplek taman Kartini Kowangan. Pembangunan gedung perpustakaan bertujuan untuk menyediakan fasilitas perpustakaan bagi masayarakat yang representatif. Disamping itu juga telah dikembangkan  obyek wisata pikatan Indah dengan berbagai fasilitas seperti kolam renang dilengkapi anjungan luncuran, rencana April mendatang akan diresmikan penggunaannya. Program lain di bidang kepariwistaan lanjutnya akan mengembangkan agro wisata Kledung pass dan  pembangunan taman safari di Gesing Kandangan.
   “Sebenarnya Kabupaten Temanggung memiliki potensi  alam yang indah dan mempesona untuk dikembangkan menjadi  obyek wisata  andalan. Semua itu bila  berhasil dikembangkan  akan menarik wisatawan datang sehingga berdampak positif  guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “ ujarnya . (Hms /Edy laks)

Berita Terkait