Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

LISTRIK PASAR DARURAT

Kamis, 16 April 2009 Umum
PEMASANGAN LISTRIK PASAR DARURAT BERSIFAT SEMENTARA

TEMANGGUNG
, Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyatakan siap melayani pemasangan instalasi listrik pada pasar darurat Temanggung,namun sebaiknya instalasi listrik yang dipasang nantinya bersifat sementara. Sebab, sewaktu-waktu, pedagang pasti akan pindah lagi ke Pasar Kliwon Utara yang terbakar itu, apabila nantinya pasar itu telah dibangun.
     Hal itu dikemukakan, Manajer PLN Unit Pelayanan Jaringan (UPJ) Temanggung Subur Subagiyono, di kantornya, kemarin.Diutarakan, pada dasarnya PLN  siap melayani pemasangan listrik dikomplek pasar darurat meski hingga saat ini belum ada permintaan pemasangan listrik, baik dari masing-masing pedagang maupun kelompok pedagang. Pemasangan jaringan listrik lanjutnya sebaiknya bersifat sementara hal itu mengingat pasar darurat juga bersifat sementara, karena pada saatnya nanti  pedagang pasti akan pindah ke pasar permanen apabila sudah dibangun.
     ''Karena  pemasangannya hanya sementara, maka pedagang yang memanfaatkan listrik tersebut statusnya bukan sebagai pelanggan PLN. Hal tersebut berbeda, jika yang dilakukan adalah pemasangan instalasi baru, maka pedagang tersebut statusnya adalah pelanggan PLN,''tandasnya.
     Menurutnya, kendati kios dan los yang ada di pasar tersebut tidak berada dalam satu blok, melainkan terpencar-pencar pada beberapa tempat, maka instalasi listrik yang dipasang harus sendiri-sendiri sumbernya.Instlasi listrik yang dipasang pada salah satu blok kios dan los pasar darurat, tidak dapat dari satu sumber yang juga telah disambungkan ke instalasi di blok lain.
     Diutarakan berdasarkan informasi, kios dan los pasar darurat tersebut saat ini telah berdiri pada 7 blok, antara lain di sejumlah ruas jalan, basement Pasar Kliwon Baru dan kompleks Plaza Temanggung. Diantara blok-blok pasar tersebut, sebagian besar letaknya saling berjauhan, sehingga jika ingin ada aliran listriknya, maka harus mengambil daya pada masing-masing sumber listrik jaringan terdekat.
     Sementara itu berkait dengan daya yang bisa dipakai pedagang, menurutnya, hal itu juga diserahkan kepada permintaan pelanggan. Namun demikian, untuk daya yang besarnya 450 VA, pihaknya memberlakukan kuota tertentu karena jumlahnya terbatas. Sehingga, apabila permintaannya melebihi kuota yang ada, maka daya listrik yang bisa dilayani terpaksa adalah lebih dari 450 VA.
     ''Sebetulnya, untuk permohonan penyambungan listrik ini bisa pula dilakukan bersama-sama, dan dipakai untuk beberapa pedagang,''tuturnya.(hms/EdyLaks

Berita Terkait