Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

TMMD SENGKUYUNG KE 82

Rabu, 03 Juni 2009 Umum
TMMD Garap Pengerasan Jalan Akses Pertanian

TEMANGGUNG, KODIM 0706 Temanggung  mulai tanggal 2 s/d 22 Juni  2009 mendatang, menggelar  program  TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD)  sengkuyung ke 82 di Desa  Sukomarto  Kecamatan Jumo. Sasaran proyek menggarap pengerasan jalan, gorong-gorong, jembatan, talut jalan  dan duikerplat dengan tujuan untuk meperlancar transpotasi perekonomian masyarakat.
     Hal itu dikemukakan komandan KODIM 0706 Letkol CZI Agung Suhendro  seusai membuka  program TMMD  yang berlangsung di lapangan desa setempat Selasa Kemarin (2/6). Upacara pembukaan ditandai dengan penyerahan alat kerja kepada personil pelaksana disaksikan Bupati, Muspida, Pimpinan Dewan dan pejabat terkait .
     “Dipilihnya desa Sukomarto sebagai ajang TMMD  karena  masyarakat sangat membutuhkan  sarana jalan dan jembatan yang memadai  guna menunjang kelancaran transportasi. Selama ini jalan yang tersedia hanya berupa jalan tanah  dan harus  menyebrang sungai bila akan bepergian  sawah ataupun ke luar desa karena belum ada jembatan “ ujarnya
     Diutarakan, dengan belum  adanya  jalan trasahan dan jembatan, warga desa mengalami kesulitan bila akan berladang atau menggarap sawah maupun membawa pulang hasil panenan berbagai komoditas pertanian. Mereka terpaksa harus berjalan kaki  dan menyebrang sungai karena jalan yang ada berupa jalan setapak dan sempit sehingga  tidak bisa dilalui kendaraan. Lebih-lebih bila musim penghujan jalan menjadi licin dan tidak bisa menyebrang sungai karena banjir.
     “Selama ini warga bila akan bekerja disawah terpaksa harus jalan kaki. Barang-barang keperluan pertanian seperti benih, pupuk dan sarana prasarana lain mesti dipikul, tidak bisa diangkut kendaraan karena jalan hanya setapak. Demikian pula ketika panen juga harus dipikul untuk dibawa pulang. Oleh sebab itu jalan desa bakal dikeraskan dengan batu trasahan dan dibangun jembatan agar tranportasi perekonomian menjadi lancar” katanya.
Bupati Temanggung Drs. Hasyim Afandi  menyatakan dengan adanya program TMMD dinilai positif sebagai upaya mempercepat  pembangunan di desa. Dengan demikian memungkinkan desa yang menjadi ajang TMMD akan semakin maju dan berkembang. Lebih-lebih sasaran yang digarap berupa pelebaran dan pengerasan jalan, otomatis akan memacu kelancaran transportasi perekonomian warga.  Sementara itu Kapten  Gatot Prasojo selaku perwira kegiatan  mengatakan, jalan desa yang  bakal dikeraskan dengan batu trasahan  panjangnya mencapai  900 meter dan lebar 2,5  meter. Sedang pembangunan jembatan  berukuran  panjang 5 meter lebar 3 meter  dan tingi 2,5 meter. Sedang pemasangan  gorong-gorong  8 tempat berukuran panjang 4 hingga 5 meter, talut   panjang 10 meter tinggi 4,5 meter serta duiker plat panjang 5 meter sebanyak 2 tempat.
     Selain menggarap sasaran fisik lanjutnya juga  melaksanakan sasaran non fisik  oleh 11 interdep terkait. Sasaran non fisik dititik beratkan pada kegiatan peningkatan pengetahuan tentang pertanian, kesehatan, keamanan dan bela negara.
     Dikatakan untuk melaksanakan  kegiatan fisik, setiap harinya dikerahkan  sedikitnya  140 personil. Mereka terdiri dari TNI, POLRI, gabungan Dinas Jawatan,  Hansip desa dan  masyarakat. (Hms/Edy Laks)

Berita Terkait