Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

HARGANAS

Selasa, 30 Juni 2009 Sosial
Pemkab Temaggung Peringati Harganas.

Temangung- Pemerintah Kabupaten Temanggung menggelar upacara  memperingati Hari Keluarga Nasional XVI Tahun 2009  yang dipadukan dengan Hari Kependudukan Dunia dan ICPD ke 15, di halaman  Setda Senin (29/6).  Bertindak selaku Pembina Upacara Bupati Drs. Hasyim Afandi di hadiri Wakil Bupati, Sekda, Asisten Sekda, Kepala bagian dan Kepala SKPD  serta diikuti karyawan/karyawati .
    Kepala BKKBN  pusat Dr. Sugiri Syarief, MPA dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Pembina Upacara Bupati Hasyim Afandi mengatakan, Tema Harganas XVI 2009  “ Dengan semangat Harganas kita bangkitkan pembangunan kependudukan dan keluarga berencana” menjadi sangat relevan  dengan  situasi sekarang , yakni  gaung keluarga berencana  dan capaian BKKBN selama beberapa tahun belakangan ini kurang memuaskan. Oleh karena itu seluruh keluarga di Indonesia, segenap jajaran BKKBN dan semua pihak yang merupakan pemangku kepentingan bagi tangguhnya  ketahanan nasional, untuk bersama-sama merivitalisasi  program KB.
    “ Bagi  para keluarga terutama yang kurang mampu mengikuti program Keluarga Berencana merupakan prasyarat yang mutlak  untuk membentuk keluarga ideal “ ujarnya.
    Menurutnya  terbentuknya keluarga ideal yaitu yang bahagia dan sejahtera terutama bagi masyarakat kurang mampu hanya akan berupa impian belaka jika keluarga –keluarga tersebut berukuran besar. Setiap anak yang dilahirkan lanjutnya merupakan beban bagi pencari nafkah dan orang tua yang memiliki banyak anak harus membagi-bagi hasil usaha mereka yang sedikit sehingga tidak  memungkinkan untuk membiayai gizi, kesehatan dan pendidikan anak secara memadai. Sebagai akibatnya, upaya untuk membangun keluarga yang bahagia dan sejahtera akan menjadi sia-sia.
    “ Karena rendahnya tingkat pendidikan serta kurangnya akses terhadap informasi dan pelayanan, justru keluarga miskinlah yang pada umumnya berukuran besar, seperti yang banyak dijumpai di daerah-daerah yang masih perlu sentuhan untuk peningkatan kesejahteraan “ tandasnya.
    Dr. Sugiri mengutarakan, potret keluarga ideal merupakan cermin kekuatan masyarakat bangsa dan negara yang utuh dan besatu. Keluarga yang sejahtera menjadikan keluarga damai dalam kehidupan yang saling menghormati, saling menghargai  baik sesama anggota  keluarga itu sendiri maupun antara keluarga yang satu dengan yang lain, sehingga  dapat melahirkan keluarga dan masyarakat yang berkepribadian dan bermoral tinggi tanpa meninggalkan nilai-nilai sosial budaya bangsa Indonesia . (Edilak-Humas).     

Berita Terkait