Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

BULAN DANA PMI

Kamis, 02 Juli 2009 Sosial
Bulan Dana PMI,  Tugas Kemanusiaan  Yang Harus Disukseskan 
PANITIA DIMINTA BEKERJA OPTIMAL

TEMANGGUNG, Bulan Dana Palang Merah Indonesia  (PMI) merupakan tugas kemanusiaan yang mesti disukseskan semua pihak, baik Pemerintah, swasta maupun masyarakat umum. Oleh karena itu kepada Panitia Pelaksana  Bulan Dana  PMI Cabang Temanggung tahun 2009 diminta bekerja  secara optimal dilandasasi semangat ikhlas berjuang. Dengan demikian  program Bulan Dana PMI  selama 2 bulan yang akan dimulai 1 Agustus  hingga 30 September 2009 bisa berjalan sukses dalam arti mencapai target/terpenuhinya target dalam waktu tersebut.
     Hal itu dikemukakan Bupati Drs. Hasyim Afandi  dalam rapat persiapan pelaksanaan Bulan Dana PMI  Rabu kemarin (1/7) di Loka Bhakti Praja Setda Kabupaten Temanggung . Rapat diikuti  segenap  pengurus dan anggota Panitia Pelaksana Bulan Dana PMI  Cabang Temanggung  tahun 2009. Sebagaimana diketahui, institusi  pelaksana/leading sektor  Bulan Dana PMI  dilakukan secara bergantian diantara lembaga Muspida dan untuk tahun 2009 Pemkab Temanggung/Bupati/Setda ditetapkan sebagai pelaksana.
     “Panitia   Pelaksana Bulan Dana PMI  hendaknya mampu bekerja secara optimal, ikhlas  dan profesional dilandasi semangat untuk mengabdi melaksanakan tugas kemanusiaan. Dengan demikian  tugas dan tanggungjawab  menyelenggarakan pengumpulan dana  dapat berjalan tepat waktu dan target pemasukan terpenuhi” harapnya.
     Dalam laporannya Sekretaris Daerah Drs. Bambang Arochman, MM menyampaikan Bulan dana PMI merupakan salah satu sumber  dana yang diperoleh  PMI  untuk membiayai keperluan dan berbagai tugas sosial kemanusiaan. Hal itu sesuai tujuan  didirikannnya PMI  untuk meringankan  penderitaan sesama manusia apapaun sebabnya,  tanpa membedakan suku bangsa, agama, golongan, warna kulit, jenis kelamin dan bahasa. Dengan demikian lanjutnya, Bulan Dana PMI menjadi tanggungjawab bersama untuk dudukung dan disukseskan semua komponen masyarakat.    Diutarakan,  agar bisa berjalan optimal sesuai yang ditargetkan, maka  perlu dilakukan monitoring distribusi  maupun peredaran kupon Bulan Dana PMI. Dengan demikian pendistribusian dan peredaran kupon  bisa maksimal ke semua sasaran yang meliputi PNS, Pengusaha, Sekolah dan masyarakat umum tidak ada yang terlewatkan. Agar monitoring distribusi kupon dan pemantauan target  bisa dilaksanakan efektif dan efisien, ujar Bupati  maka perlu ditunjuk  pejabat selaku koordinator monitoring.
     “Untuk monitoring  distribusi dan pemantauan target  di lingkungan PNS saya tunjuk Sekretaris Daerah  sebagai koordinator, sasaran pensiunan koordinatornya PMI cabang Temanggung, untuk sasaran pengusaha  Asisten Ekonomi Pembangunan, sasaran sekolahan kepala  Dinas Pendidikan dan sasaran masyarakat umum sebagai koordinator Kepala Bappeda“ tandasnya .
     Ketua Pelaksana Panitia Bulan Dana  PMI Cabang Temanggung tahun 2009 Sekretaris Daerah Drs. Bambang Arochman, MM menjelaskan , susunan kepanitiaan terdiri  unsur pelindung yaitu pejabat Muspida dan Ketua DPRD dan untuk jabatan ketua umum dijabat Wakil Bupati Temanggung . Ketua pelaksanadijabat  Sekda dibantu Ketua I, II dan III, Sekretaris  I, II dan III serta Bendahara I dan II. Disamping itu juga dilengkapi beberapa seksi  meliputi seksi usaha, seksi publikasi dan dokumentasi serta koordinator pembantu umum.
     Lebih lanjut dikatakan,   bulan dana PMI akan dilaksanakan selama 2 bulan efektif mulai tanggal 1 Agustus s/d 30 September 2009 , dengan sasaran pendistribusian kupon ke 112 unit kerja . Jumlah kupon yang dicetak mencapai puluhan ribu lembar  dengan nominal  kupon terkecil    Rp. 1.000,-  Rp. 5.000,- dan terbesar  Rp. 10.000,- dari 112 unit kerja yang menjadi sasaran ditargetkan mendapat pemasukan sumbangan sebesar Rp. 280 juta. Agar taget tercapai, lanjut dia diharapkan segenap masyarakat bisa mendukung  pelaksanaan Bulan Dana PMI. Dengan demikian manakala masyarakat luas dalam mengurus suatu hal  mendapat kupon sumbangan Bulan Dana PMI agar bisa dipenuhi.
     “Agar target pemasukan bisa tercapai, dalam pelakasanaan Bulan dana PMI tahun 2009 ini menambah sasaran pendistribusian ke Kecamatan-Kecamatan. Oleh karena itu bagi masyarakat yang membutuhkan jasa layanan seperti pembuatan KTP, Kartu Keluarga, surat keterangan akan diberi kupon. Hal ini merupakan terobosan/upaya baru, yang belum dilakukan  sebelumnya“ jelas dia .
     Sementara itu ketua Seksi Publikasi dan Dokumentasi  Kabag Humas  Anteng Ujiani, S Sos mengatakan, guna mendukung suksesnya Bulan dana PMI tahun 2009 pihaknya bakal mempublikasikan  kegiatan tersebut secara luas  dan gencar kepada masayarakat . Publikasi dilakukan dengan menyiarkan baik lewat radio milik Pemkab maupun semua radio swasta . Selain itu juga memasang spanduk  di sejumlah lokasi strategis, memasang stiker di semua SKPD dan penyebaran selebaran berupa pemberitahuan/informasi & ajakan sampai ke desa-desa.
     “Melalui publikasi yang gencar baik lewat siaran radio , spanduk, stiker dan selebaran diharapkan masyarakat dapat mengetahui adanya Bulan Dana PMI. Diharapkan masyarakat ikut menyukseskan tugas kemanusiaan ini dengan memberikan sumbangan sesuai kupon yang diperoleh“ harapnya. (Hms09/Edy Laks)

Berita Terkait