Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

HARI ANAK NASIONAL KABUPATEN TEMANGGUNG

Sabtu, 25 Juli 2009 Umum
Hari Anak Nasional 2009 Kabupaten Temanggung
LOMBA KESENIAN DAERAH ANAK SD & MEWARNAI ANAK TK/RA

TEMANGGUNG, Anak-anak adalah kader dan aset bangsa di masa depan, dengan pengenalan terhadap budaya daerah merupakan modal yang sangat penting dalam pembentukan kepribadian sebagai identitas bangsa. Untuk menggali potensi yang dimiliki anak-anak dalam bidang kesenian khususnya kesenian daerah sebagai satu upaya mewujudkan anak Indonesia yang mencintai kesenian daerah. Kemarin Kamis (23/7) di Pendopo Pengayoman dan Komplek Aloon-aloon Temanggung dilakukan pembukaan dalam rangka Perayaan Hari Anak Nasional diadakan Lomba Kesenian Daerah untuk anak SD dan Lomba Mewarnai untuk Anak TK/RA tingkat Kabupaten Temanggung Tahun 2009 yang dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Temanggung, Dinas terkait, dan Para Peserta Lomba, yang diselenggarakan oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Temanggung. Ketua panitia Ny. Siti Kotipah, BA melaporkan bahwa kegiatan ini diikuti oleh perwakilan dari 20 Kecamatan dan kurang lebih 80 anak TK/RA. Kesenian daerah yang tampil pada acara tersebut antara lain kuda lumping, kobro siswo, soreng, tektek kamling, dan warokan.
     Tema Perayaan Hari Anak Nasional Tahun 2009 mengangkat tema “Saya Anak Indonesia Kreatif, Inovatif dan Unggul untuk menghadapi Tantangan di Masa Depan” yang erat kaitanya dengan pencanangan Tahun 2009 sebagai Tahun Indonesia Kreatif. Untuk itulah maka sifat-sifat kreatif, inovatif dan unggul harus mulai ditanamkan sejak usia kanak-kanak, agar kelak anak-anak kita menjadi manusia yang mempunyai karakter yang tangguh, mempunyai jati diri dan akhlak mulia untuk menjadi manusia unggul yang siap menghadapi tantangan di masa depan.
     Ny. Hj. Lies Darjati Hasyim, S.Pd selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Temanggung dalam sambutanya kegiatan yang bersifat kesenian semacam ini merupakan salah satu bentuk hak anak untuk bergaul dengan anak-anak yang sebaya, bermain, berkreasi sesuai dengan minat, bakat yang dimiliki. Perhatian keluarga dibutuhkan agar anak mendapatkan haknya untuk hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapatkan perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Selanjutnya selaku Ketua TP PKK Kabupaten Temanggung kepada anak-anak peserta lomba mengucapkan selamat berkreativitas dalam berkesenian dan selamat berlomba jaga sportifitas dalam lomba dapat mengendalikan diri dalam meluapkan kegembiraan dan kepada yang kalah jangan berkecil hati.(Hms09/pakDhe)

Berita Terkait