Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PENINGKATAN KUALITA SDAN PRODUKTIFITAS TENAGA KERJA

Selasa, 04 Agustus 2009 Pendidikan
230-240 JAM  UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS DAN PRODUKTIFITAS TENAGA KERJA

TEMANGGUNG, Sabtu kemarin (1/8) merupakan titik awal 160 orang untuk meningkatkan ketrampilan kerja. Bertempat di Balai Latihan Kerja (BLK) Temanggung dilakukan pembukaan penyelenggaraan Pelatihan Ketrampilan Kerja yang merupakan Program Peningkatan Kualitas dan Produktifitas Tenaga Kerja.
     Acara tersebut dibuka langsung Bupati Temanggung Drs. Hasyim Afandi dan dihadiri oleh SKPD terkait, para instruktur dan 160 orang peserta pelatihan. Dalam sambutannya Bupati Temanggung berpesan kepada para perserta untuk mengikuti pelatihan dengan serius, perhatikan apa yang diberikan instruktur. Setelah melakukan pembukaan bupati meninjau peralatan yang akan digunakan untuk praktek.
     Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Agus Wahyudi Budiono, SH melaporkan bahwa pelatihan pada tahun 2009 dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama 10 jurusan dengan 7 jurusan dibiayai dari anggaran APBN dan 3 jurusan dengan anggaran APBD, untuk tahap kedua 9 jurusan. Proses pembelajaran dilakukan dengan lama pelatihan 230-240 jam atau kurang lebih 40 jam. Tahap pertama diikuti 160 peserta dan untuk tahap kedua masih ada kekurangan peserta 35 orang. Diharapkan dengan waktu 230-240 jam dapat meningkatkan dan memberi bekal kepada peserta, semua materi dapat diberikan dan kepada peserta untuk mengikuti semua proses yang dilakukan sehingga apa yang didapat akan menjadi bekal dalam memasuki dunia kerja, dan pelatihan ini diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja baru atau berwiraswasta
     Disamping menyelenggaraan pelatihan BLK Temanggung  juga menyelenggarakan pelatihan yang dilaksanakan di desa dan untuk tahun 2009 di programkan 8 paket dengan rincian jurusan prosesing 2 paket, jurusan mixfarming 2 paket, jurusan menjahit 2 paket dan jurusan las karbit 2 paket. Adapun desa yang sudah mengajukan proposal Desa Kedawung Kec. Kandangan, Desa Sriwungu Kec. Tlogomulyo, Desa Jambon dan Desa Sucen Kec. Gemawang, Desa Gutingsari Kec. Bansari dan masih banyak proposal yang masih dalam proses verifikasi.(Hms09/pakDhe)

Berita Terkait