Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

ESTAFET TUNAS KELAPA

Selasa, 11 Agustus 2009 Pendidikan
ESTAFET TUNAS KELAPA MELIBATKAN 61 ANGGOTA PRAMUKA

TEMANGGUNG, Estafet tunas kelapa  yang diselenggarakan dalam rangka memperingati hari Pramuka tahun 2009, masuk wilayah Temanggung  setelah sebelumnya  melintasi wilayah Wonosobo Senin kemarin (10/8). Serah terima estafet berlangsung di halaman SD Negeri 1 Kledung diserahkan Wakil Bupati Wonosobo Drs. Muntohar kepada Wakil Bupati  Temanggung Ir. Budiarto, MT.
     Ketua Panitia peringatan Hari Pramuka Kabupaten Temanggung Asmu’I, Spd mengatakan,  peringatan tahun ini mengambil tema  Pramuka  Perekat Persatuan dan Kesatuan Bangsa Siap Mengamankan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kegiatan estafet tunas kelapa lanjutnya,   dilaksanakan dua tahun sekali  dengan melibatkan 61 orang anggota pramuka.  Mereka terbagi menjadi 4 kelompok  dengan tugas yang berbeda. Kelompok pertama  pembawa spanduk, kelompok dua  pembawa pesan-pesan, obor dan amanat Gubernur. Sedang kelompok tiga  pembawa bendera pramuka, obor cadangan dan minyak tanah. Untuk kelompok empat  pembawa tunas kelapa dan tongkat penggalang .
     “Estafet tunas kelapa  melibatkan 61 anggota pramuka  pilihan yang sudah dilatih sebelumnya. Mereka  melaksanakan estafet dengan menempuh rute perjalanan 3 etape meliputi Kledung, Temanggung dan Kaloran sejauh 18 km“ ujarnya  seraya menambahkan di sepanjang rute perjalanan iring-iringan estafet mendapat sambutan hangat warga.
     Dia mengutarakan, setelah diberangkatkan dari SD Negeri 1 Kledung  dan sampai di SD Kwadungan Krincing, rombongan estafet naik kendaraan sampai SMK I Maron. Hal itu ditempuh agar tidak mengganggu kelancaran lalu lintas, mengingat di sepanjang rute perjalanan  banyak warga yang menjemur tembakau. Sesampainya di SMK 1 Maron, perjalanan dilanjutkan menuju Kecamatan Kaloran  untuk  diistirahatkan.     “Rombongan estafet  diberangkatkan  Selasa pagi sekitar jam 07.00 dari halaman kantor Kecamatan Kaloran menuju  Kemitir Sumowono Kabupaten Semarang. Estafet tunas kelapa akan diserahkan Sekda Temanggung Drs. Bambang Arohman kepada Sekda Kabupaten Semarang“ jelas dia (Hms09/Edy Laks).

Berita Terkait