Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

SOSIALISASI PT. JAMSOSTEK

Kamis, 20 Agustus 2009 Umum
MEMPERSIAPKAN JAMINAN SOSIAL DAN PERLINDUNGAN HARI TUA

TEMANGGUNG,  betempat di Graha Bhumi Phala Setda Temanggung, rabu kemarin (18/8) Kepala Desa se Kabupaten Temanggung menerima sosialisasi dari Jamsostek dalam rangka mempersiapkan jaminan sosial dan perlindungan hari tua. Acara tersebut dii hadiri oleh Bupati Temanggung, Setda Temanggung, camat se Kabupaten Temanggung, Jamsostek, dan dinas/instansi terkait.
     Bupati Temanggung Drs. Hasyim Afandi dalam kesempatan tersebut membuka dan menyampaikan, bahwa dalam rangka memajukan pembangunan dan perekonomian di tingkat Desa keberadaan Jamsostek akan sangat mendukung bagi kesejahteraan Kepala Desa dan Perangkat Desa. Bupati mengharapkan, bagi Kepala Desa dan Perangkat Desa se Kabupaten Temanggung dapat berperan serta dalam pelaksanaan program Jamsostek sekaligus menikmati manfaat program tersebut.
     Kepala PT. Jamsostek (persero) Cabang Magelang Sabarudin, SE mengatakan, bahwa sebagai satu-satunya Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Yang ditunjuk sebagai Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja di Indonesia, harus sanggup memberi perlindungan tidak hanya kepada tenaga Kerja formal (punya majikan) saja, tetapi harus mampu memberikan perlindungan kepada tenaga kerja mandiri / informal. Disamping itu, disampaikan pula program jamsostek bagi Tenaga Kerja yang melakukan Pekerjaan di Luar Hubungan Kerja (TK LHK) yang memberikan perlindungan jaminan sosial bagi bagi tenaga kerja yang melakukan pekerjaan di luar hubungan kerja pada saat tenaga kerja tersebut kehilangan sebagian atau seluruh penghasilannya. Hal tersebut sebagai akibat terjadinya risiko-risiko antara lain kecelakaan kerja, sakit, hamil, bersalin, hari tua dan meninggal dunia, dan memperluas cakupan kepersertaan program jaminan sosial tenaga kerja. Untuk program TK LHK antara lain Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JK), Jaminan Hari Tua (JHT), dan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK). Dan untuk kepersetaan TK LHK adalah sukarela dengan usia maksimal 55 tahun. Juga disampaikan cara perhitungan iuran dan pembayaran iuran. (Hms09/pakDhe)

Berita Terkait