Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

TARHIM PUTARAN II

Jumat, 04 September 2009 Umum
MASYARAKAT JANGAN PUTUS ASA

TEMANGGUNG, Menghadapi kondisi alam yang kurang menguntungkan, masyarakat diminta jangan putus asa dan tetap terus berusaha untuk melakukan usaha-usaha produktif. Seperti musim kemarau yang terjadi saat ini, misalnya, meski air sulit didapat untuk pengairan, namun petani hendaknya jangan membiarkan sawah dan ladangnya. Sebaiknya petani tetap berusaha memanfaatkan lahan yang ada dengan mencari alternative lain.
     Demikian dikatakan Bupati Temanggung Drs. Hasyim Afandi saat memberikan sambutan pada acara Tarawih dan Silaturakhim (Tarkhim) putaran 11 di masjid Raudhatul Jannah Dusun Kuncen Desa Badran Kecamatan Kranggan, kemaren. Hadir juga dalam Tarkhim tersebut, Muspida beserta Ibu, serta para pejabat dilingkungan Pemkab Temanggung. Dalam kesempatan itu pula Bupati menyerahkan bingkisan berupa buku, sajadah dan bantuan uang kepada takmir masjid dan imam masjid.
     Hasyim menambahkan, kondisi yang kurang menguntungkan harus diimbangi dengan kerja keras dan usaha optimal. Masyarakat jangan cepat menyerah meski kadangkala mengalami kegagalan. Jika usaha terus dilakukan maka hasilnyapun akan dapat dirasakan bersama.
     Pada umumnya masyarakat masih melakukan kebiasaan yang sudah dilakukan secara turun temurun. Kebiasaan ini misalnya, tidak melakukan aktifitas apapun pada saat musim kering atau menunggu saatnya musim hujan. Jangan terbelenggu oleh kebiasaan yang kurang menguntungkan. Saatnya masyarakat meninggalkan budaya lama yang sudah tidak sesuai lagi dengan kondisi saat ini, ujarnya.
     Menyinggung puasa ramadhan, Hasyim mengingatkan, agar masyarakat tidak terlalu konsumtif dan panik dalam menyikapi hari lebaran. Puasa harus benar-benar dilakukan dengan serius dan penuh kesabaran, termasuk didalamnya menyikapi hari lebaran dengan sikap yang wajar. Puasa harus dapat membentuk hati yang bersih sehingga dapat memberikan manfaat dan pahala bagi yang melaksanakannya.
     Sementara itu Faizun, BA dalam ceramahnya menyampaikan, perlunya semangat yang kuat dalam melaksanakan ibadah puasa. Sebab, orang akan sangat rugi jika puasa yang dilakukan hanya sebatas lapar dan dahaga. Puasa harus dapat melatih kesabaran dan menambah kekuatan iman bagi kaum muslimin yang melaksanakannya.
     Selain itu Faizun juga mengingatkan perlunya orang Islam untuk melaksanakan zakat, infaq dan sodaqoh. Faizun menilai, kesadaran berzakat ini masih kurang dikalangan orang-orang muslim. Padahal zakat ini memiliki manfaat yang sangat besar dan memiliki nilai sosial yang tinggi. Barang siapa berzakat maka Allah akan melipatgandakan rizkinya dan melindungi dari mala bahaya, tandasnya. (Hms09/Arbai).

Berita Terkait