Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

BULAN BERKAH BAGI PENJUAL KOLAH

Senin, 07 September 2009 Umum
BULAN PUASA BULAN BERKAH BAGI PENJUAL KOLAK

TEMANGGUNG, Bulan puasa tahun ini merupakan bulan berkah bagi penjual kolak dan hidangan untuk berbuka puasa di Temanggung. Hal itu dirasakan Suprapto (50)  warga Jampirejo Temanggung, omzet berjualan hidangan berbuka puasa setiap harinya mencapai Rp. 4 juta.
     Ditemui disela-sela melayani pembeli Minggu sore kemarin, Suprapto menuturkan usaha berjualan aneka hidangan berbuka puasa sudah dijalaninya sejak 4 tahun lau. Setiap datang bulan Ramadhan ia beserta keluarga besarnya membuat berbagai minuman, makanan dan lauk pauk maupun masakan sayuran untuk hidangan berbuka puasa.  Jumlah hidangan yang dijajakan mencapai  100 jenis  seperti  kolak buah, jus, stup , aneka makanan ringan dan berbagai  lauk pauk  seperti kare ayam, gulai, sambel goreng ikan dll.
     “Berjualan hidangan berbuka puasa ini merupakan usaha keluarga yang sudah dijalani sejak 4 tahun lalu. Setiap bulan Ramadhan tiba, berbagai jenis menuman, jajanan dan lauk pauk dijajakan di kawasan Jl. Jendral Sudirman depan kantor Telkom Temanggung. Setiap hari   mulai berjualan jam  2 siang hingga setengah enam petang menjelang berbuka puasa“  ujarnya seraya menambahkan, omzet berjualan mencapai Rp. 4 juta dan mendapat keuntungan bersih Rp. 600 ribu setiap hari.
     Diutarakan, dari 100 jenis dagangan yang dijajakakn, sebagian besar merupakan produksi keluarga dan sebagian lainnya titipan dari beberapa rekanan. Rata-rata setiap hari berbagai jenis hidangan  yang sudah dikemasi dalam plasti mulai harga terendah Rp. 1000 hingga Rp. 15.000  setiap satu kemasan, laris terjual. Pembeli tidak saja warga Temanggung namun ada beberapa diantaranya dari luar daerah seperti  Magelang dan Wonosobo yang kebetulan melintas.
     Sejumlah pembeli menuturkan, dengan adanya  penjual aneka hidangan untuk berbuka puasa  merasa sangat terbantu, karena tidak perlu repot memasak. Lebih-lebih bagi mereka yang sibuk berkerja  otomatis  tidak punya waktu untuk memasak, sehingga  segala kebutuhan untuk berbuka puasa  cukup  dengan membeli  di warung.(Hms09/Edy Laks).

Berita Terkait