Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PASAR MURAH MENJELANG IDUL FITRI

Selasa, 08 September 2009 Umum
10 KECAMATAN SIAP MENGADAKAN PASAR MURAH

TEMANGGUNG, Dalam rangka menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri 1430 Hijriah Tim Penggerak PKK Kabupaten Temanggung akan mengadakan Pasar Murah di 10 Kecamatan di Kabupaten Temanggung dan 1 pasar murah yang diadakan di Depan Pendopo Pengayoman Aloon-aloon Temanggung. Bertempat di Kantor PKK Komplek Setda Temanggung Senin (7/9) diadakan ceking terakhir kesiapan terakhir kecamanan untuk mengadakan pasar murah dipimpin oleh ketua pasar murah Ibu Setyo Adji. Pada intinya sampai dengan ini TP PKK kecamatan siap melaksanakan  pasar murah. Disampaikan harapan ketua Tim Penggerak PKK pada acara tersebut yang disampaikan Wakil Ketua TP PKK HJ. Eny Budiarto, S.Sos dalam pelaksanaannya nanti untuk produk-produk di luar produk yang disubsidi diharapkan harga tetap di bawah harga pasar. “Dalam penjualan nanti diutamakan masyarakat yang kurang mampu dan masyarakat yang membutuhkan” pesannya.
     Barang-barang yang akan dipasarkan di pasar murah terdiri dari barang bersubsidi seperti beras, gula pasir, sirup, dan minyak goreng juga dijual barang lainnya antara lain telur, makanan-makanna kering, kue, baju-baju, kacang-kacangan, gandum, minyak curah, mie, gula aren. Bahkan dari beberapa kecamatan ada yang bekerja sama dengan beberapa distributor untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
     Rencana pelaksanaan pasar murah Kabupaten Temanggung tahun 2009 tidak dilaksankan serentak dalam satu hari tetapi selama 6 hari. Jadualnya pada tanggal 9 September 2009 di Kecamatan Bejen dan Kecamatan Jumo, tanggal 10 September 2009 di Kecamatan Tretep dan Kecamatan Wonoboyo, tanggal 11 September 2009 di Kecamatan Kranggan yang akan dilaksanakan di Desa Gentan dan Kecamatan Pringsurat di Desa Soborejo, tanggal 12 September 2009 di Kecamatan Kledung dan KEcamatan Selopampang yang di laksankaan di Desa Gambasan, tanggal 14 September 2009 di Kecamatan Kandangan yang dilaksanakan di Desa Wadas dan Kecamatan Gemawang yang akan dilaksanakan di 2 tempat di Halaman Kantor Kecamatan dan Desa Karang Seneng. Yang di Kecamatan akan di gelar di Halaman Kantor Kecamatan. Sedangkan untuk tingkat Kabupaten akan dilaksankan pada tanggal 15 September 2009 di Depan Pendopo Pengayoman Aloon-aloon Temanggung. Kegiatan tersebut akan mulai dilaksanakan mulai jam 09.00 WIB. Rangkaian acara pasar murah tingkat Kecamatan akan di buka secara simbolik di Kecamatan Jumo oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Temanggung Hj. Lies  Daryati Hasyim, S.Pd.
     Informasi yang di dapat produk-produk yang disubsidi antara lain gula pasir dengan harga beli masyarakat Rp.8.500,-/kg, sirup Rp. 11.000,-, minyak goring Rp. 8.200,-/liter dan beras Rp. 23.500,-/ 5 kg selain itu barang-barang akan dijual dengan harga di bawah harga pasaran. Untuk tingkat kabupaten selain 10 bahan pokok, makanan kering, telur asin, makanan siap saji, pepes lele, bakso ikan, lele dan patin segar, sayuran, dan barang juga dari partisipan yaitu Indomarco, Coca cola, produk rumah tangga seperti makanan kecil, makanan kering, madu dan herbal, bahkan akan dijual jugabaju dan sepatu.
     Agar tepat sasaran dari pihak panitia kecamatan berinisiatif menjual dalam bentuk paketan dan dilaksanakan di desa dengan RTM tinggi seperti yang akan dilaksanakan di Kecamatan Gemawang selain di Halaman Kantor Kecamatan, panitia akan terjun dengan paketan di Desa Karangseneng. Rencana Barang yang di paket 2 kg beras, 1 kg gula pasir, 1 liter minyak goring dan 1 botol sirup dengan harga Rp. 36.000,- per paket. (Hms09/pakDhe)

Berita Terkait