Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

JUM'AT BERSIH

Sabtu, 03 Oktober 2009 Umum
PEGAWAI SETDA BERSIHKAN KOTA

TEMANGGUNG, Para pegawai yang bekerja di lingkungan Sekretariat daerah kabupaten Temanggung, seusai apel pagi tadi Jum’at (2/10) melakukan kegiatan Jum’at bersih  dengan sasaran membersihkan jalan kota. Namun karena hari ini  merupakan hari batik nasional, para pegawai  yang mengenakan  pakaian olah raga  setelah selesai membersihkan kota,  berganti pakaian batik.
     Jum’at bersih dipimpin langsung  Sekretaris Daerah Drs. Bambang Arochman, MM didamping Asisten  Ekbang dan Kesra Ir. Bambang Dewantoro  diikuti segenap karyawan/karyawati. Setelah apel pagi para pegawai yang mengenakan pakaian olahraga langsung bergerak membersihkan lingkungan kota. Sampah-sampah yang berserakan dijalanan  disapu maupun dipungut  kemudian dimasukkan kantong plastik. Tidak hanya sampah saja yang dibersihkan, namun berbagai tanaman bunga  juga tidak luput dirapikan dengan dipangkas  dan dibersihkan dari tanaman liar yang menempelnya.
     Sekda Bambang Arochman menjelasklan, Jumat bersih dilakukan para pegawi guna  mendukung  terwujudnya lingkungan kota yang bersih, indah dan nyaman. Diungkapkan  melalui Jum’at bersih, kebersihan kota akan senantiasa terjaga, lebih-lebih pada tahun 2009 ini Kabupaten Temanggung mendapat penghargaan dibidang kebersihan berupa trophy Adipura dari pemerintah. Dikerahkannnya pegawai  dalam kegiatan kebersihan agar bersama-sama masyarakat terus mewujudkan dengan semangat kondisi bersih yang pada dasarnya merupakan satu kebutuhan, sekaligus sebagai contoh  akan pentingnya budaya bersih. Bagaimanapun masalah kebersihan tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah, namun juga kewajiban segenap elemen  masyarakat. 
     “Seusai apel pagi, para pegawai secara serentak melaksanakan Jum’at bersih dengan membersihkan jalan lingkungan kota . Mereka baik menggunakan sapu maupun kantong plastik, memunguti sampah-sampah untuk dikumpulkan. Jum’at bersih bertujuan untuk menciptakan  lingkungan kota yang bersih dan indah. Kegiatan yang sama juga dilakukan para pegawai SKPD lain di luar Setda“ tandasnya seraya menambahkan  mengingat hari Jum’at ini merupakan hari Batik Nasional, para pegawai setelah selesai bersih-bersih kota, kemudian berganti pakian batik, sebelumnya mereka berpakaian olahraga.
     Sejumlah pegawai menuturkan, menyambut positif kegiatan Jum’at bersih, sebagai wujud nyata partisipasi pegawai  dibidang kebersihan. Dengan dibersihkannya lingkungan kota, maka akan tetap tercipta  kota Temanggung yang bersih, indah dan nyaman selaras dengan predikat sebagai kota Adipura.(Hms09/ /Edy Laks)

Berita Terkait