Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

KEARSIPAN

Kamis, 26 Pebruari 2009 Pemerintahan
WAGUB RUSTRININGSIH ;
Pengelolaan Arsip Masih Lemah

TEMANGGUNG-Pengelolaan arsip pada lembaga Pemerintahan Desa pada umumnya masih lemah belum dikelola secara baik dan benar. Oleh karena itu Pemerintah Propinsi Jawa Tengah berupaya keras guna mewujudkan pengelolaan arsip yang optimal sesuai ketentuan melalui program arsip masuk desa.
Hal itu ditegaskan Wakil Gubernur Jawa Tengah Dra. Rustriningsih, MSi pada acara pembukaan sosialisasi program arsip masuk desa Kabupaten Temanggung yang berlangsung di Graha Bhumi Phala Rabu ( 25/2). Acara tersebut dihadiri Bupati, Muspida, Ketua DPRD dan diikuti pimpinan Dinas/Instansi serta Lurah dan Kepala Desa se Kabupaten Temanggung . Bertindak selaku nara sumber Dra Gina Saodah Husni dari Badan Arsip Nasional dan Drs. Urip Sihabudin dari Badan Arsip dan Perpustakaan Jawa Tengah.
“ Berdasarkan hasil kunjungan lapangan ke beberapa Desa di Jawa Tengah, rata-rata pengelolaan arsip masih memprihatinkan. Bahkan ada data monographi desa yang sudah usang karena memaparkan kondisi tahun 1978 padahal semestinya data itu selalu diperbaharui seiring dengan perubahan yang terjadi . Hal ini menunjukkan Pemerintah Desa belum semua mampu menyajikan data dan mengelola arsip secara baik dan benar” ungkapnya.
Dikatakan , belum optimalnya pengelolaan arsip Pemerintahan Desa disebabkan masih lemahnya sumber daya manusia perangkat desa. Oleh karena itu Pemerintah Propinsi Jawa Tengah melakukan langkah terobosan melalui program arsip masuk desa .Sebagai tahap awal lanjut dia, dilakukan sosialisasi yang kemudian akan ditindak lanjuti dengan menyelenggarakan Bimbingan Teknis kepada para Perangkat Desa .Selain itu juga akan diterbitkan Petunjuk Pelaksanaan maupun Petunjuk Teknis tentang pengeloaan kearsipan kepada Pemerintah Desa maupun Kelurahan.
“ Saya akan mengawal terus program arsip masuk desa ini agar bisa berjalan optimal. Dengan demikian secara bertahap dan berkesinambungan nantinya kemampuan Pemerintah Desa dalam mengelola arsip akan semakin meningkat . Kita mengimpikan Jawa Tengah sebagai pilot project tentang pengeloaan arsip secara modern” ujarnya
Menurut Rustriningsih, tuntutan kemampuan pengeloaan arsip secara baik dan benar sudah menjadi keharusan. yang mesti dilakukan semua lembaga utamanya lembaga publik . Sebab pada tanggal 1 April 2010 mendatang akan diberlakukan secara efektif Undang-Undang NOmor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Dalam Undang-_Undang tersebut menyebutkan bahwa instansi publik, lembaga publik yang diberi kewenangan mengelola dana publik diwajibkan menyampaikan informasi secara terbuka, transparan dan akuntabel.
Sedang Bupati Drs. Hasyim Afandi mengatakan, arsip memiliki petan strategis dalam mendukung pengambilan kebijakan. Oleh karena itu arsip sudah semestnya harus dikelola secara baik dan benar , sehingga apabila dibutuhkan sewaktu-waktu bisa ditemukan dengan cepat, tepat dan akurat . Dia mengakui secara umum pengelolaan arsip di jajaran Pemerintahan Desa di Kabupaten Temanggung belum baik . Hal tersebut disebabkan lemahnya kualitas SDM dan sarana prasarana pendukung yang masih terbatas. (Edl-Humas).





Berita Terkait