Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

HARI PAHLAWAN DAN HARI JADI TEMANGGUNG

Jumat, 11 November 2011 Pemerintahan
HARI PAHLAWAN DAN HARI JADI TEMANGGUNG

TEMANGGUNG, Peringatan Hari Pahlawan dan Hari Jadi Kabupaten Temanggung yang dilangsungkan dalam satu kesatuan kegiatan dengan dilakukan upacara pengibaran bendera pada tanggal 10 Nopember 2011. Upacara yang dilaksanakan dengan penuh hikmat dengan inspektur upacara Bupati Temanggung Drs. Hasyim Afandi. Acara dihadiri Muspida, DPRD, para veteran, SKPD, tokoh masyarakat, pelajar dan mahasiswa.
     Pada tanggal 10 Nopember 2011 Temanggung telah berumur 177 tahun. Atas dasar usulan Raden Tumenggung Aria Djojonegoro, lewat residen Kedu kepada Pemerintah Hindia Belanda di Batavia, maka disetujui dan ditetapkan bahwa nama Kabupaten Menoreh berubah menjadi Kabupaten Temanggung. Persetujuan ini berbentuk Resolusi Pemerintah Hindia Belanda Nomor 4 Tanggal 10 Nopember 1834.  Yang sekarang ini oleh masyarakat dan pemerintah daerah dijadikan/menjadi hari jadi yang bertepatan pula dengan hari Pahlawan. Peringatan Hari Jadi yang ke 177 dengan tema “Pengorbanan para Pahlawan, kita jadikan semangat untuk kerja keras dan cerdas, jujur dan tidak korupsi”.
     Bupati Temanggung pada upacara membacakan amanat Menteri Sosial RI DR. Salim Segaf Al Jufri dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2011 yang ke 66. Upacara bendera hari pahlawan sebagai salah satu bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan/pejuang pendahulu. Dalam peringatan yang ke 66 mengambil tema “Dengan semangat kepahlawanan, kita bangun karakter bangsa”.
     Dalam amanatnya, Hari Pahlawan seperti yang kita peringati pada hari ini disamping untuk mengenang dan menghargai jasa dan pengorbanan para Pahlawan/Pejuang yang telah mendahului kita, juga    laksanakan untuk menumbuhkembangkan Nilai Kepahlawanan sebagai modal    sosial    untuk    kemudian mengimplementasikan dan    mendayagunakan dalam mengatasi berbagai masalah bangsa seperti kemiskinan, pengangguran, keterlantaran, ketunaan sosial, korban     bencana dan     masalah- masalah sosial lainnya.
     Melalui momentum Peringatan Hari Pahlawan diharapkan dapat terbangun karakter bangsa yang kuat dan kokoh untuk dapat dijadikan sebagai energy penggerak kemajuan bagsa, sehingga bangsa Indonesia tidak akan terombang-ambing dan kehilangan arah di tengah derasnya arus globalisasi serta dapat menghadapi segala tantangan, baik yang berasal dari dalam maupun dari luar.
     Selanjutnya, mari kita gelorakan semangat Kepahlawanan dengan dilandasi nilai-nilai kesetiakawanan Sosial yang tinggi serta kita rapatkan barisan membangun negeri untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat sehingga bangsa Indonesia dapat menjadi bangsa bermartabat yangdapat berdiri sendiri sejajar dengan Negara lain serta keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dapat terus terjaga.
     Setelah melaksanakan Upacara Bendera di Aloon-aloon dilanjutkan Ziarah tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Prayudan Mudal dan Makam Bambang Sugeng Kali Progo Temanggung. (Hms11/pakDhe)

Berita Terkait