Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

KOPERASI PERMATA BHUMI PHALA DIKUKUHKAN

Senin, 23 April 2012 Perekonomian
TEMANGGUNG, Deputi Bidang produksi Kementrian Koperasi dan UKM Drs. Brahman Setyo, MSi mengukuhkan Koperasi sekunder Gapoktan Permata Bhumi Phala  Temanggung di alun-alun kota Temanggung Minggu (22/4). Pengukuhan ditandai dengan penyerahan surat keterangan pembentukan koperasi berbadan hukum oleh Deputi kepada  Wanti  selaku perwakilan Gapoktan disaksikan Kepala Pusat Penyuluh, Bupati, pejabat FKPD, Ketua DPRD Wakil Bupati dan pejabat terkait.
     Sebelum pengukuhan, kegiatan diawali dengan jalan sehat keliling kota Temanggung  diikuti sekitar 3000 peserta, memperebutkan  5 unit sepeda mtor dan sejumlah doorprize cantik. Seusai pengukuhan dlanjutkan sarasehan yang berlangsung di pendopo Pengayoman.
     Menteri Negara Koperasi dan UKM dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan deputi  Bidang produksi, Brahman Setyo mengatakan, selama krisis berlangsung sektor petanian  telah menjadi sektor penyelamat ekonomi karena  tahan banting terhadap goncangan moneter. Selain itu  menyerap banyak tenaga kerja, tidak membutuhkan biaya produksi  yang besar dan cepat menghasilkan. Diutarakan pengembangan agribisnis  memiliki nilai strategis serta memiliki  dimensi pemerataan  karena adanya keterkaitan ke depan dank ke belakang yang sangat besar.
     “Agribisnis merupakan  paradigma baru bagi sektor pertanian. Sistem agribisnis  tidak hanya  berhubungan dengan kegiatan usaha tani saja namun  juga terkait dengan   sub sistem off farm dan sub sistem penunjang. Ketersediaan sumberdaya, Indonesia  memiliki potensi agribisnis yang besar” tandasnya.
     Menurutnya, koperasi pertanian merupakan wadah yang efektif dalam memperjuangkan kepentingan petani. Melalui koperasi diharapkan petani mampu mewujudkan kekuatan penyeimbang terhadap berbagai iklim usaha  yang merugikan. melakukan pengembangan pasar, memperbaiki efisiensi produksi dan pemasaran. Selain itu  mampu mengendalikan resiko yang lebih baik serta menjamin kelangsungan usaha  dan meningkatkan pendapatan petani.
     “Koperasi merupakan alat perjuangan ekonomi rakyat. Oleh karena itu saya memberikan apresasi atas terbentuknya koperasi Permata Bhumi Phala , semoga  memberikan  kontribusi  nyata bagi peningkatan kesejahteraan petani dan anggotanya “ ujarnya
     Bupati Hasyim Afandi mengatakan, sejak tahun 2008 Pemkab Temanggung telah  menerima  bantuan dari Pemerintah berupa anggaran untuk program  Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) sebesar Rp.20,7 miliar. Dana tersebut telah dimanfaatkan Gapoktan yang tersebar di 20 kecamatan untuk menunjang berbagai kegiatan agribisnis sehingga telah berkembang menjadi Rp.25,8 miliar. 
     “Usaha agribisnis  baik sektor pertanian, peternakan dan perikanan perdesaan yang ditunjang dana PUAP pada dasarnya menjanjikan keuntungan  yang  besar,  apabila dikelola secara sungguh-sungguh sesuai  aturan  yang benar. Dengan demikian berbagai usaha yang dijalankan semakin berkembang sehingga  kesejahteraan petani meningkat,“ Ujarnya.
     Terkait degan berdirinya koperasi sekunder Permata Bhumi Phala, Pemkab merencanakan akan merehab bekas bangunan rest area/ pasar buah di Pingit Pringsurat untuk dijadikan  sekretariat koperasi. Disamping itu juga akan dimanfaatkan untuk membuka outlet penjualan berbagai produk yang dihasilkan Gapoktan seperti hortikultura dan industri makanan ringan serta barang-barang kerajinan. Dengan demikian kegiatan koperasi  bisa berjalan optimal maju dan berkembang. (HMS12/ Edy Laks )  

Berita Terkait