Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

HARI KORPRI, HARI PGRI dan HARI GURU

Senin, 30 November 2009 Pendidikan
PENDIDIKAN SEBAGAI PUSAT GETARAN PEMBANGUNAN

TEMANGGUNG, Pendidikan seharusnya  diletakkan sebagai episentrum atau pusat getaran dari seluruh  aktifitas pembangunan, karena melalui pendidikanlah akan dihasilkan  anak-anak bangsa yang berkemampuan  dan dapat dijadikan sebagai modal dasar bagi pencapaian tujuan pembangunan.
     Hal itu ditegaskan bupati Drs. Hasyim Afandi  pada upacara  peringatan Hari Guru Nasional, Hari  Ulang Tahun  PGRI ke 64 dan Hari Ulang tahun KORPRI ke 38 di halaman Setda Kabupaten Temanggung Senin (30/11). Upacara  dihadiri Muspida, Wakil Bupati  dan  pimpinan SKPD serta diikuti perwakilan guru, PGRI dan KORPRI serta pelajar.
     “Dewasa ini telah  berhail diletakkan  dasar pembangunan pendidikan  yang ditandai telah diakuinya aktivitas guru sebagai profesi,  ketetapan  besaran anggaran pendidikan minimal 20 persen baik di APBN maupun APBD. Selain itu telah ditetapkannya  berbagai kebijakan yang berpihak  pada kemajuan pendidikan serta memberikan  perlindungan dan meningkatkan kesejahteraan guru“ tandasnya.
     Menurutnya, dengan dasar pembangunan pendidikan itu diharapkan   dapat disediakan guru berkualitas, kompeten dan profesional  namun sekaligus  bermartabat  dan sejahtera. Dari guru yang demikianlah lanjut dia akan dihasilkan  proses pendidikan dan pembelejaran yang baik dan tepat, sehingga  mapu menelorkan anak bangsa yang cerdas, mandiri dan berwawasan luas.
     Diutarakan, perjuangan  belumlah selesai, permasalahan  pendidikan  masih  begitu  besar, perlindungan dan kesejahteaan guru masih belum  adil  dan merata. Oleh karena itu   para guru agar terus berjuang. PGRI sebagai lembaga yang bertanggung jawab atas pencapaian tujuan perjuangan guru harus berani dan terus berada di depan sembari berusaha meningkatka kinerjanya. Dengan demikian  PGRI bisa menjadi organisasi yang modern dan profesional serta mampu memperjuangkan martabat, kesejahteraan dan mampu memberikan  perlindungan terhadap guru tanpa meperhitungkan latar belakangnya.
     Berkait degan peringatan HUT KORPRI  ke 38 Bupati mengajak untuk mewujudkan  reformasi  birokrasi  melalu aparatur pemerintahan  yang makin bersih, berwibawa dan professional untuk mendukung  peningkatan pembangunan ekonomi  dan peningkatan  kesejahteraan masayarakat. Disamping itu  bebagai tantangan pembangunan semakin kompleks di masa depan yang menuntut SDM yang tangguh sehingga  peningkatan kapasitas pengetahuan mesti dilakukan. Disisi lain ujarnya, wujudkan  pelayanan prima menuju good governance dan lanjutkan  pemberantasan korupsi, hormati pranata hukum dan demokrasi.
     “Lanjutkan  kerja keras dan kerja cerdas dalam pengabdian  saudara sebagai abdi  masyarakat, abdi  pemerintah dan abdi Negara. Jangan kecewakan rakyat, berbuatlah sekuat tenaga dan berkaryalah penuh disiplin dan tanggungjawab“ pintanya .
     Seusai upcara dilanjutkan penyerahan  Surat Keputusan  kenaikan pangkat PNS golongan IVc kepada 6 orang dan Surat Keputusan pengangkatan Sekdes menjadi PNS tahap II secara simbolis. Selain itu juga  diserahkan  trophy kepada para juara  lomba manajemen Masjid dalam rangka  Hari pahlawan ke 64 dan Hari Jadi Kabupaten Temanggung ke 175 tahun 2009. (Hms09/Edy Laks)           

Berita Terkait