Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PNPM-MP

Jumat, 04 Desember 2009 Umum
LOKAKARYA PERAN DAN FUNGSI PNPM-MP KABUPATEN TEMANGGUNG

TEMANGGUNG, Dalam rangka membangun kesamaan pemahaman dan tanggung jawab pengendalian seluruh Stakeholder PNPM Mandiri Perkotaan di tingkat Kota/Kab. Kamis (3/12) di Aula Balai Besar RSBG Temanggung diadakan Lokakarya peran dan fungsi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat-Mandiri Perkotaan (PNPM-MP). Dibuka oleh Wakil Bupati Temanggung dihadiri Komisi B DPRD , Tim Koordinasi Pelaksana Program, Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kota/Kab., dan SKPD terkait.
     Panitia Pelaksana Arief Chotbani, ST melaporkan bahwa program penanggulangan kemiskinan di perkotaan (P2KP) telah dilaksanakan sejak tahun 1999 sebagai upaya untuk membangun kemandirian masyarakat dan pemerintah daerah dalam menanggulangi kemiskinan. Bersama program lain, P2KP tergabung dalam PNPM Mandiri sebagai Program Inti. Pelaksanaan Lokakarya peran dan fungsi PNPM-MP untuk mereview kesamaan persepsi mengenai visi, misi dan stratergi penanggulangan kemiskinan Kabupaten Temanggung dan juga merancang intervensi lanjutan untuk harmonisasi program penanggulangan kemiskinan secara partisipatif dalam proses perencanaan (Bottom Up Planning).
     Wakil Bupati Temanggung Ir. Budiarto, MM dalam sambutannya melalui PNPM-MP hendaknya menjadi salah satu alternatif pemecahan masalah kemiskinan yang masih membelenggu. Maka perlu kiranya diupayakan dengan sungguh-sungguh dari semua pihak agar angka kemiskinan dapat menurun secara signifikan.
     “Upaya yang dilakukan tidak hanya sebatas pada penyusunan konsep dan metodologi ataupun penciptaan forum-forum koordinasi saja, akan tetapi perlu dikembangkan sampai ke tingkat operasional di lapangan dan berkelanjutan” tambahnya.
     Lokakarya peran dan fungsi selain dilakukan Paparan dari Dinas Pekerjaan Umum mengenai Progress Pelaksanaan PNPM Mandiri Perkotaan Kabupaten Temanggung hingga 2009 juga dilakukan Diskusi kelompok membahas Intergrasi Program Jangka Menengah Pronangkis ke dalam perencanaan dan penganggaran daerah dan Pengembangan kemitraan dinas terutama dengan masyarakat. (Hms09/pakDhe)

Berita Terkait