Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

DI TEMANGGUNG TIAP HARI LAHIR 21 BAYI

Rabu, 16 Desember 2009 Sosial
DI TEMANGGUNG TIAP HARI LAHIR 21 BAYI

TEMANGGUNG, Angka kelahiran di Kabupaten Temanggung tahun 2008 sebanyak 7.732 yang berarti setiap hari  terjadi kelahiran sebanyak 21 bayi.   Oleh karena itu  lanjutnya, program KB menjadi urusan wajib  dan harus didukung oleh semua komponen masyarakat. Dengan demikian program pembangunan  tidak akan mempunyai nilai tambah manakala program KB tidak berhasil.
     Hal itu disampaikan Bupati Drs. Hasyim Afandi  pada acara hari Kesatuan Gerak PKK ke 37  dan Keluarga Berencana  Kesehatan Kabupaten Temanggung Tahun 2009 yang berlangsung di Kecamatan Kaloran (15/12). Acara tersebut juga dihadiri Muspida, ketua Tim Penggerak PKK dan segenap pejabat terkait. 
     “Melalui program Keluarga berencana dan penjaminan pelayanan kesehatan bagi masyarakat akan sangat terkait secara krusial dan langsung berdampak pada peningkatan derajat kesejahteraan  masyarakat“ ujarnya   seraya menambahkan pertumbuhan penduduk, kualitas sumber daya manusia yang rendah dan sempitnya kesempatan kerja  merupakan akar permasalahan kemiskinan.
     Menurut Bupati jajaran Tim Penggerak PKK kiranya juga memiliki pemahaman yang sama yaitu dengan munculya program kegiatan yang menangani masalah keluarga berencana dan kesehatan yang langsung pada akar permasalahan di masyarakat pedesaan. Oleh karena itu melalui hari kesatuan gerak PKK, jajaran PKK diharapkan mampu menggerakkan segala potensi yang dimiliki untuk mendukung suksesnya program KB. Dengan demikian akan terwujud norma keluarga kecil  yang sehat, bahagia dan sejahtera.
     Ketua Tim Penggerak PKK Ny. Lies Daryati Hasyim, Spd  mengatakan, melalui hari kesatuan gerak PKK dapat menghidupkan kembali pentingnya  program Keluarga Berencana dengan semboyan dua anak lebih baik dan meningkatnya asupan akseptor baru . Selain itu  dapat terdata  jumlah Posyandu sesuai dengan klasifikasinya , jumlah kader kesehatan, kader posyandu, kader KB dan kader Dawis maupun  tentang bayi dan balita.
     Ketua Panitia Ny. Eny Budiarto, S Sos menjelaskan,  pencanangan hari kesatuan gerak PKK- KB Kesehatan bertujuan untuk meningkatkan cakupan dan kualitas pelayanan program  Kesehatan melalui pemberdayaan masyarakat dan kerjasama lintas sektor dalam gerak PKK KB Kesehatan. Diutarakan sasaran kegiatan melakukan pemasangan alat kontrasepsi KB berupa  implant  secara gratis kepada 75 peserta KB. (Hms09/Edy Laks).

Berita Terkait