Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

KARANG TARUNA JANGAN DICAMPUR ORGANISASI POLITIK

Senin, 28 Desember 2009 Sosial
KARANG TARUNA JANGAN DICAMPUR ORGANISASI POLITIK
2000 BIBIT KOPI DITANAM

TEMANGGUNG, Karang Taruna  merupakan suatu organisasi sosial kepemudaan  sebagai wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda  yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat dibidang kesejahteraan sosial. Oleh karena itu  Karang taruna jangan dicampur adukkan dengan organisasi sosial politik  atau untuk kepentingan suatu golongan politik tertentu.
     Hal ituditegaskan Kepala Dinas Sosial kabupaten Temanggung Budihardjo, SH dalam acara Bulan Bhakti Karang Taruna  tahun 2009 di desa Kemloko Kecamatan Kranggan kemarin. Bulan Bhakti ditandai dengan bakti sosial penananam 2000 batang bibit kopi, donor darah, penyerahan bantuan kambing  dan sarasehan. Hadir dalam acara tersebut Camat  Kranggan  dan pejabat terkait serta diikuti ratusan angggota karang taruna.
     “Karena Karang Taruna  merupakan organisasi sosial yang ada dalam masyarakat non partisan yang bersifat netral, diharapkan  kepada Pembina   fungsional Kabupaten  mengawasi, memantau dan membina pengurus Karang taruna. Apabila ada pengurus karang taruna  yang menyimpang  agar ditegur dan diperingatkan “ pintanya.
     Menurutnya, Karang taruna sebagai potensi sumber kesejahteraan sosial yang berada di masyarakat merupakan mitra kerja pemerintah  untuk membantu  menanggulangi masalah kesejahteraan sosial. Dengan demikian berbagai permasalahan sosial sepertri kemiskinan, kecacatan, keterlantaran, ketunaan sosial dan korban bencana alam maupun sosial bisa tertangani secara optimal dan terpadu.
     Dikatakan, penyelenggaraan Bulan Bhkati Karang Taruna diharapkan  lebih menggiatkan dan meningkatkan kinerja karang taruna  dibidang usaha kesejahteraan sosial. Pada saat ini ujarnya, masih banyak kegiatan karang taruna bersifat rekreatif sehingga dukungan dan pembinaan  perlu terus dilakukan guna meningkatkan kualitas  organisasi.
     “Hal  ini sejalan dengan tujuan awal bahwa pembentukan karang taruna dilandasi kesadaran  terhadap permasalahan sosial dan kebutuhan generasi muda  serta adanya rasa tanggung jawab sosial terhadap penanganan penyandang masalah kesejahteraan sosial“ tandasnya.
     Ketua penyelenggara Drs. Supratmantoro menjelaskan, Bulan Bhakti Karang Taruna bertujuan untuk meningkatkan citra Karang Taruna sebagai wadah pembinaan generasi muda melalui karyanya dimasyarakat  dalam pencegahan dan penanganan permasalahan  kesejahteraan sosial, kepemudaan pada tingkat pedesaan. Kegiatan yang dilaksanakan meliputi sarasehan, upacara Bulan bhakti dilanjutkan penyerahan bantuan kambing, donor darah dan penanaman kopi 2000 batang.
     “Aksi penanaman bibit kopi merupakan wujud nyata kepedulian karang taruna untuk mewujudkan kondisi lingkungan yang ijo royo-royo dan produktif. Dengan demikian kelestarian lingkungan akan tetap terjaga dan bernilai ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan“ ujarnya.(Hms09/Edy Laks).

Berita Terkait