Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

MURID SD

Senin, 11 Januari 2010 Pendidikan
MURID SD DIAJARKAN PERATURAN LALU LINTAS

TEMANGGUNG, Untuk kali pertamanya di Kabupaten Temanggung, masalah aturan dan hal-hal lain terkait dengan lalu lintas masuk pada kurikulum pelajaran di Sekolah Dasar (SD). Hal tersebut menyusul, telah ditandatanganinya nota kesepakatan kerjasama antara pihak Polres dengan SD Al Kautsar Temanggung, di Kantor Polres setempat, kemarin.
     Nota kesepakatan yang ditandatangani oleh Kapolres AKBP Anthony Agustinus K dengan Kasek SD Al-Kautsar Cuk Surono tersebut, adalah dalam rangka upaya peningkatan kedisiplinan siswa. Kemudian untuk pelaksanaannya nanti, para perwira dan instruktur yang ditunjuk akan memberikan beraneka materi kelalulintasan kepada para siswa SD.
     Wakapolres yang mewakili Kapolres pada acara tersebut mengatakan, program ini menyangkut pembinaan mental dan fisik siswa SD. Termasuk didalamnya antara lain ialah, pengenalan tata tertib dan rambu-rambu lalu lintas, patroli keamanan sekolah, sosialisasi UU 22/2009 tentang lalu lintas, polisi sahabat anak, sosialisasi bahaya narkoba serta miras (binamitra) dan sebagainya.
     Menurutnya, program ini direncanakan akan dilaksanakan di semua SD. Adapun pada awal ini baru SD Al-Kautsar, karena kebetulan sekolah tersebut yang telah mengajukan proposal permintaan bantuan aparat kepolisian, guna memberikan pelajaran tentang ketertiban dan lalu lintas di sekolahannya. Diharapkan dengan adanya kerjasama ini, pandangan tentang polisi pada diri anak tidak keliru lagi, dan citran polisi di mata anak pun dapat lebih baik. Sebab, banyak anak yang takut kepada polisi karena memadang pekerjaan polisi adalah menangkapi orang.
     Sementara Kasek Cuk Surono mengatakan, bahwa kedisiplinan dalam berlalulintas dan hal lainnya perlu ditanamkan pada diri anak sejak dini. Karena itu, pihaknya memandang petugas polisi merupakan orang yang tepat untuk melatih kedisiplinan dan ketertiban tersebut kepada anak-anak.(Hms10/EdyLaks)          

Berita Terkait