Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

DAK

Rabu, 17 Maret 2010 Pendidikan
DAK Madrasah Diminta Dikelola Sendiri

TEMANGGUNG, Kanwil Kementrian agama provinsi Jawa Tengah  mengadakan silaturahmi dan pembinaan kepala madrasah, komite madrasah se Kapaten Temanggung Kamis kemarin (11/3) di graha bhumi Phala komplek Setda kabupaten Temanggung. Silaturahmi dan pembinaan bertujuan unt uk meningkatkankualitas pendidikan madrasah.
Kepala Bidang  Mapinda Kanwil Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah Drs. Choirodin, MA dalam sambutannya mengatakan , keberadaan madrasah sebagai salah satu komponen penyelenggara pendidikan hendaknya dikelola secara optimal dan professional . Hal itu dimaksudkan agar madrasah mampu berperan aktif  dalam mencerdaskan bangsa  . Disamping itu terkait dengan Dana Alokasi Khusus ( DAK)  yang diterima semua madrasah baik negeri maupun swasta ditekankan agar dikelola sendiri / swakelola  supaya efektif dan efisien  untuk mengembankan sarana dan prasarana pendidikan . Dengan dikelola sendiri memungkinkan DAK bisa menyerap swadaya masyarakat sehingga proyek yang dibangun akan maksimal dan memungkinkan ada pengembangan .  
DAK Madrasah hendaknya dimanfaatkan secara swakelola  sesuai ketentuan  supaya berdaya guna dan berhasil guna  untuk peningkatan  sarana dan prasarana pendidikan .Dengan dukungan DAK  diharapkan kualitas pendidikan madrasah meningkat maju dan berkembang  tandasnya .
Bupati Drs. H. Hasyim Afandi  mengharapkan  para guru mdrasah terus berupaya meningkatkan kualitas pengabdian  dalam mendidik siswanya . Melalui pendidikan madrasah para siswa selain mampu menguasai pengetahuan umum juga memiliki pengetahuian agama yang memadai. Dikatakan aspek pendidikan  yang ideal mesti mencakup aspek kognitif, psikomotorik dan afaktif . Siswa lanjutnya disamping pandai juga memiliki ketrampilan dan  bisa bersosialisasi dengan lingkungan .
Kepala Depag Temanggung Drs. H . Djamun Efendi mengatakan , silaturahmi dan pembinaan  diselenggarakan bertujuan untuk meningkatkan kulaitas pendidikan madrasah. Acara tersebut dihadiri pejabat  Kanwil Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah, Bupati dan pejabat terkait serta diikuti 470  kepala madrasah dan komite mdarasah se Kabupaten Temanggung. (Hms10/Edy Laks).

Berita Terkait