Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PERINGATAN HARI KARTINI

Sabtu, 24 April 2010 Umum
KEBANGKITAN PEREMPUAN DALAM KEKINIAN

TEMANGGUNG, Acara resepsi Peringatan Hari Kartini ke 131 diselenggarakan  di Graha Bhumi Phala, Rabu kemarin (21/04). Dengan tema Pemberdayaan dan kebangkitan perempuan dalam kekinian. Acara diawali dengan persembahan tari gambyong dari Sanggar Puspita Sakarti Parakan. “Seiring perkembangan jaman dan semangat kartini yang tetap berusaha mensejajarkan kaum wanita dan pria sehingga wanita tidak hanya sebagai seorang istri saja, tetapi bisa menjalankan kewajiban dan tugas serta tetap mengikuti kegiatan organisasi”, papar Ny. Indah Agus Budi Santoso selaku ketua panita Peringatan Hari Kartini ke 131.
     Dalam penyampaian laporan kegiatan, Ny. Indah Agus juga menyampaikan kegiatan yang sudah dilakukan untuk memperingati hari kartini. Bakti sosial yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan di Desa Tlogopucang Kecamatan Kandangan, memberikan bantuan keluarga tidak mampu, pemberian santunan pada anak yatim-piatu, pemberian makanan tambahan pada anak gizi buruk dan pengobatan gratis bagi warga yang dilaksanakan pada tanggal 13 April lalu.
     Pemberian bantuan pada keluarga Alm. Sucipto, korban tanah longsor di Desa Giripurno, Kecamatan Ngadirejo. Serta pemberian santunan kepada Slamet Riyo, anak yang lahir tanpa tempurung kepala dan bantuan kepada Yayasan Cendekia Mandiri, dengan memberikan fasilitas belajar mengajar berupa alat membuat kue untuk anak-anak putus sekolah di Desa Kemloko, Tembarak.
     Acara berlangsung meriah dan hikmat dengan dibacakannya riwayat RA. Kartini oleh Ny. Asep Ridwan. Jika tidak mendapatkan pelajaran, engkau tidak dapat kemajuan dan keturunan kita akan mundur, kutipan dalam buku Habis Gelap Terbitlah Terang yang disampaikan oleh Ny Asep Ridwan.
     Peringatan Hari Kartini kali ini tampak lebih special, karena hadirnya Ibu. Rosmiati Soepanji, ibunda Hendarman Soepanji (Jaksa Agung). “Dengan gigih Kartini memperjuangkan kesamaan derajat pria dan wanita. Sehingga saat ini wanita telah melepaskan era dulu sebagai konco wingking, yang hanya mengurus suami dan anak-anak saja”, ujarnya. Perempuan harus bisa berperan dalam proses pembangunan dan mempunyai power of women, agar bisa membentuk perempuan yang cerdas dan produktif dalam segala hal.
     Selain itu, Bupati Temanggung Drs. Hasyim Afandi menyampaikan bahwa dalam peringatan hari kartini kali ini, wanita harus mengetahui How To Live Together atau bisa hidup bersama-sama suami dan lingkungan sehingga bisa mencurahkan hal-hal yang positif pada anak-anak. Karena peranan penting ada di tangan seorang ibu dan suatu saat pasti anak-anak akan kembali ke pelukan ibunya.
     Acara peringatan hari kartini ke 131 juga dimeriahkan dengan peragaan busana khas Temanggung, pemberiaan piala lomba paduan suara, pemberian penghargaan kepada ibu-ibu kerta atas dedikasi yang tinggi akan keikutsertaan dalam peringatan hari katini dan pemilihan busana terbaik.
Pada acara tersebut hadir Kajati Provinsi Jateng Salman Maryadi, Bupati Temanggung, Wakil Bupati, Muspida, Sekda Temanggung, Pimpinan SKPD beserta istri dan tokoh wanita.(Hms10/Des)

Berita Terkait