Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

BUPATI PANTAU UJIAN SD

Selasa, 04 Mei 2010 Pendidikan
BUPATI PANTAU UJIAN SD

TEMANGGUNG, Bupati Drs. Hasyim Afandi memantau pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah Berstandart Nasional  (UASBN) tahun 2010 tingkat Sekolah Dasar  Selasa (4/5). SD yang ditinjau   meliputi SD Negeri 1 dan 2 Jampiroso serta SD Masehi Temanggung. Pemantauan didampingi Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Temangung dan Camat Temanggung.
     Bupati mengatakan, pemantaun bertujuan untuk mengetahui langsung pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional Tingkat SD tahun 2010.  Dari 3 SD yang ditinjau, pelaksanaan UASBN secara umum berjalan lancar. semua unsur penyelenggara maupun peserta  sudah mempersiapkan secara maksmimal sehingga  tidak dijumpai kendala maupun  hambatan..Diutarakan  3 SD yang ditinjau tergolong sudah maju, oleh karena itu sebagai pembanding Rabu besuk direncanakan bakal memantau di sejumlah SD lainnya .
     “Hasil akhir UASBN SD  tahun 2010 ini, nantinya akan dievaluasi  dan  diharapkan jauh lebih baik bila dibandingkan dengan tahun 2009 silam“ tandasnya.
     Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Temanggung Asmu’i  Spd menjelaskan, UASBN berlangsung selama 3 hari mulai Selasa hingga Kamis mendatang. Jumlah peserta seluruhnya 1345 tersebar di 45 SD, 3 MI dan 1 SDLB. Jumlah peserta terbanyak untuk SD dan MI  1341 siswa dan paling sedikit peserta SDLB 4 siswa. Sedang mata pelajaran yang diujikan  meliputi Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA. Naskah soal dibuat  oleh pemerintah pusat  berupa pilihan ganda dengan memberi tanda silang pada lembar jawab. Alokasi waktu pengerjaan  masing-masing mata pelajaran 120 menit. Pengawas ujian, guru dari SD lain dengan sistem silang penuh.  Hasil lembar jawaban  selanjutnya dikirim ke provinsi untuk dikoreksi.
     Selain UASBN, para siswa juga akan mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) tgl 17 Mei mendatang. Mata pelajaran yang diujikan  7 bidang non UASBN  seperti IPS, Agama, Bahasa daerah, PKN  dll. Untuk UAS naskah soal dibuat sendiri oleh pihak  sekolah. Demikian pula pengawas maupun koreksi juga diserahkan kepada  sekolah yang bersangkutan. Hasil akhir kelulusan SD  akan diumumukan serentak tanggal 19 Juni 2010 mendatang.
     Kepala Dinas Pendidikan Tri Marhen Suhardono, SH menjelaskan, secara keseluruhan  jumlah peserta ujian SD dari tahun ketahun  selalu mengalami perubahan. Pada tahun 2008 diikuti 4900 siswa putra dan 4675 siswa putri dengan tingkat kelulusan 99,81 %. Tahun  2007  4.752 siswa putra dan 5027 siswa putri lulus 99,94 %, tahun 2006 diikuti 4718 siswa putra dan 4899 siswa putri  dengan tingkat kelulusan mencapai 99,45 %. (Hms10/Edy Laks).

Berita Terkait