Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

SMP NEGERI 2 TEMANGGUNG RAYAKAN PESTA EMAS

Senin, 31 Mei 2010 Pendidikan
SMP NEGERI 2 TEMANGGUNG RAYAKAN PESTA EMAS

TEMANGGUNG, Perayaan pesta hari ulang tahun ke 50 SMP Negeri 2 Temanggung, Selasa (25/5) berjalan sederhana dan dimeriahkan dengan lomba tumpeng antar kelas serta hiburan kesenian yang dipersembahkan, baik oleh guru maupun siswa SMP Negeri 2 Temanggung.
     “Acara ulang tahun ini merupakan ungkapan syukur kami, Keluarga Besar SMP Negeri 2 Temanggung, karena selama kurun waktu 50 tahun telah mengukir berbagai prestasi, baik akademik maupun non akademik sampai di tingkat Internasional”’ ujar Dra. Corak Maryati selaku Ketua Panitia.
     Selain lomba tumpeng, pada acara ini juga ditampilkan  prestasi siswa dan guru. Antara lain Paduan Suara, tari tradisional Jawa oleh Bapak Sri Lastapa selaku guru kesenian, Macapat oleh siswa siswi dan Ibu Kus selaku guru Bahasa Jawa, menyanyi tunggal putra putri, tarian Manipuri oleh siswi dan lain-lain.
     Ketua OSIS, Bramantyo, dalam sambutannya berharap SMP Negeri 2 Temanggung tetap menjadi sekolah unggulan dan terus berprestasi di bidang akademik dan non akademik sampai dengan seterusnya.
     Puncak acaranya adalah doa bersama dan pemotongan tumpeng oleh Wakil Kepala Sekolah, Eko Heri. Diumumkan pula juara lomba tumpeng. Dari 13 tumpeng kuning dan 1 tumpeng putih yang diikutsertakan dalam lomba, satu-satunya tumpeng putih yang disajikan oleh kelas 7F berhasil menjadi juara dengan hasil nilai 1.032 poin.
     Perayaan pesta emas ini ditutup dengan acara makan bersama antara guru, wali murid dan seluruh siswa.
     Pesta ini dihadiri oleh Ketua Komite dan Pengurus, Wakil Kepala Sekolah, guru dan karyawan, alumni SMP Negeri 2 Temanggung, parent class (wali murid) serta siswa/siswi SMP Negeri 2 Temanggung.
     Dalam rangka memperingati HUT SMP Negeri 2 Temanggung ini  selanjutnya juga akan dilaksanakan beberapa kegiatan, yaitu lomba mata pelajaran Matematika, Sains, Cerita Bahasa Inggris dan Pramuka untuk siswa kelas 5 SD serta lomba band untuk umum. Pada tanggal 3 Juli 2010 akan diadakan jalan santai Keluarga Besar SMP Negeri 2 Temanggung, peresmian gedung baru oleh Bupati Temanggung bertempat di lokasi baru Jalan Kowangan Temanggung,  pagelaran wayang kulit dan ramah tamah alumni. Tanggal 4 Juli 2010 akan diadakan resepsi reuni alumni.

Sejarah Sekolah
SMP Negeri 2 Temanggung berdiri pada tanggal 25 Mei 1960 dengan R. Moekiman Mangkusuparto (alm) sebagai Kepala Sekolah yang pertama. Bangunan sekolah di Jl. Jendral Sudirman no. 21 yang masih dibuat dari anyaman bambu mulai direnovasi di masa kepemimpinan H. Tambas (alm) (1966 s/d 1982) sebagai Kepala Sekolah melalui kerja sama dengan POM (Persatuan Orangtua Murid) serta bantuan dari pusat.
     Pembangunan gedung sekolah dilanjutkan oleh Kelapa Sekolah H. Sumardjono, BE. (1982-1996) dengan bantuan dari pusat serta kerja sama dengan BP3 (Badan Pembantu Penyelenggara Pendidikan). Pada masa ini pula SMP Negeri 2 Temanggung mulai mengukir prestasi dari tingkat Kabupaten, Provinsi, Nasional dan Internasional.
     Dengan prestasi-prestasi yang telah dicapai tersebut, pada Tahun Ajaran 2004/2005 dan 2005/2006 SMP Negeri 2 Temanggung ditunjuk sebagai Sekolah Standar Nasional (SSN) dengan mendapat SK Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional Nomor 867a/C3/Kep/2006. Puncaknya adalah pada tanggal 14 Maret 2007 ditetapkan sebagai Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) dengan SK Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional Nomor 543/C3/Kep/2007. (Hms10/Des/Eln)

Berita Terkait