Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PANSIMAS 2010

Senin, 31 Mei 2010 Umum
12 DESA LAKSANAKAN PROGRAM PAMSIMAS

TEMANGGUNG, Pada tahun anggaran 2010 ini,  12 desa yang tersebar di 12 kecamatan di Kabupaten Temanggung, akan melaksanakan program penyediaan air minum berbasis masyarakat (Pamsimas).
     Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Pemerintah Kabupaten Temanggung, Sigit Suliyantono di ruang kerjanya kemarin menjelaskan,  setiap desa program Pamsimas membutuhkan anggaran Rp.275 juta . Jumlah anggaran sebanyak itu bersumber dari  APBN Rp192,5 juta, APBD kabupaten Rp27,5 juta, dan Rp55 juta swadana setiap desa. Anggaran  tersebut merupakan hibah dan sebagai stimulan merangsang peran serta warga masyarakat untuk berswadya guna mencukupi anggaran biaya yang dibutuhkan. 
     Dikatakan desa penerima program pamsimas meliputi  Desa Glapansari, Kecamatan Parakan, Canggal, Kecamatan Kledung, Tanjungsari, Kecamatan Tlogomulyo, Drono, Kecamatan Tembarak, Ngropoh, Kecamatan Kranggan, Karangwuni, Kecamatan Pringsurat. Selain itu Desa Dowo, Kecamatan Kandangan, Gondangwinangun Kecamatan Ngadirejo, Karangseneng Kecamatan Gemawang, Ngabean Kecamatan Candiroto, Donorojo Kecamatan Tretep, dan Tanggul Anom Kecamatan Selopampang.
     “Pamsimas merupakan program pemenuhan kebutuhan dasar manusia yaitu air bersih yang mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dalam bentuk penurunan prevalensi penyakit yang berbasis sanitasi lingkungan.Masyarakat yang melaksanakan program itu dibantu fasilitator di lapangan terutama untuk meningkatkan kapasitas mereka dalam memutuskan, merencanakan, melaksanakan, dan mengelola kegiatan” tandasnya seraya menambahkan, pamsimas diharapkan pada Juli mendatang sudah selesai seluruhya.(Hms10/Edy Laks).

Berita Terkait