Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

MENINGKATKAN MINAT BACA

Selasa, 22 Juni 2010 Pendidikan
MENINGKATKAN MINAT BACA

TEMANGGUNG, Masyarakat sangat antusias dengan “Temanggung Book Fair 2010”. Hal ini ditunjukan dengan ramainya pengunjung yang datang ke pameran yang dibuka oleh Bupati Temanggung, Hasyim Afandi (19/6).
     “Karena rata-rata 64% masyarakat hanya lulusan SD dan SMP sehingga membaca menjadi hobi yang sangat mahal. Diharapkan dengan adanya book fair ini bisa meningkatkan minat baca warga dan menyontoh negara-negara maju yang disiplin dan gemar membaca,” ujar Hasyim Afandi.
     Hendro Martono selaku ketua panita Temanggung Book Fair 2010 mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membuktikan kalau masyarakat Temanggung adalah masyarakat yang selalu ingat membaca, sehingga secara sosio-kultural akan terbentuk masyarakat pemustaka. Mengingatkan pemerintah kabupaten dan satuan pendidikan akan kewajiban masing-masing berkaitan dengan upaya pengembangan perpustakaan.
     Selain itu, juga mempertemukan para pemustaka maupun para pihak yang berkepentingan dengan penerbit, distributor, maupun pengecer buku agar terbentuk komunikasi yang berkaitan dengan dunia pustaka. Serta mendorong terjalinnya komunikasi antara calon penulis atau penulis potensial atau penulis profesional dari Temanggung dengan pihak penerbit agar terjalin sinergitas yang positif.
     Selain pameran buku, juga diadakan acara bedah buku, pelatihan pemberdayaan masyarakat untuk desa produktif, seminar tantangan guru pasca sertifikat, saresehan melirik pendidikan dasar di Temanggung, juga dipamerkan batu Meteor Wonotirto dan penampilan kesenian tradisional Cengklungan “Podho Rukun” dari Dusun Krajan Desa Geblog Kecamatan Kaloran.
     Temanggung Book Fair 2010 berlangsung dari tanggal 19 s/d 22 Juni 2010 di Pendopo Pengayoman. Dengan terdapat 13 stand yang menyediakan bermacam-macam buku.
     Peserta pameran ini adalah penerbit, distributor dan pengecer dari Yogyakarta serta para penulis Temanggung.
     Pameran ini berselanggara berkat kerjasama Perkumpulan Independen Komunitas Temanggungan (PIKATAN), Yayasan Cendikia Mandiri Temanggung, Tabloid Pendidikan “LONTAR” Temanggung, Asosiasi Guru Penulis Indonesia (AGUPENA) Temanggung, Dinas Pendidikan dan Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Temanggung (Hms10/Des).

Berita Terkait